Senin 13 Jun 2022 18:17 WIB

Mengenal Smart Manufacturing untuk Percepatan Digital

Smart manufacturing membantu pengumpulan data untuk pengambilan keputusan tepat.

Rep: Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
UiT Smart manufacturing
Foto: telkomsel
UiT Smart manufacturing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya mengakselerasi digitalisasi, terus digiatkan. Salah satunya, dengan adopsi teknologi Internet of Things (IoT) di berbagai sektor industri.

Pada Kamis (9/6/2022), Telkomsel menghadirkan layanan Telkomsel Internet of Things (IoT) Smart Manufacturing. Platform ini merupakan solusi digital bagi industri manufaktur yang bergerak menuju digitalisasi dengan connected sensor dan collected data dalam data platform.

Baca Juga

Layanan ini, mengumpulkan data untuk dianalisa dan dapat digunakan untuk melakukan pengambilan keputusan cepat dan tepat. Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam menjelaskan, Telkomsel konsisten dalam upaya mendukung berbagai pelaku bisnis lintas sektor industri di Indonesia dalam mengakselerasikan transformasi sistem operasional berbasis IoT.

"Dengan dukungan layanan IoT Smart Manufacturing, Telkomsel menghadirkan solusi digital terintegrasi pada rantai manufaktur yang sejalan dengan roadmap para pelaku industri Tanah Air dalam ekosistem yang mendukung komitmen Making Indonesia 4.0," ujar Nam.

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin RI Heru Kustanto menyampaikan, Kemenperin mengapresiasi Telkomsel sebagai salah satu solution provider  yang komprehensif di sektor manufaktur. "Kami akan terus memberikan dukungan kepada solution enabler seperti Telkomsel yang membangun sinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi mewujudkan Indonesia 4.0," ujarnya.

Dengan memanfaatkan ekosistem digital Telkomsel, IoT Smart Manufacturing hadir sebagai one stop solution yang mampu mentransformasi rantai suplai perusahaan dari hulu ke hilir (end-to-end supply chain) menjadi terintegrasi. Dengan begitu akan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan operasional untuk stabilitas bisnis yang lebih memadai. 

Selain itu, solusi digital terbaru dari Telkomsel IoT ini juga membuka peluang bagi segmen enterprise untuk mendapatkan dukungan yang lebih komprehensif. Mulai dari, konsultasi, ketersediaan perangkat dan perangkat lunak, sistem terintegrasi, data analisis, pengamanan siber, konektivitas, hingga after sales services terdepan.

Saat ini, solusi digital yang dihadirkan oleh Telkomsel IoT pun telah diimplementasikan oleh PT Akebono Brake Astra Indonesia sebagai brake manufacturer terbesar di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Telkomsel IoT Smart Manufacturing diimplementasikan untuk memberikan solusi atas permasalahan warehouse management system dan part pulling system yang masih menjadi kendala bagi perusahaan dalam mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas karena belum terintegrasi sepenuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement