Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Cara Hilangkan Jejak Digital di Internet

Rabu 25 May 2022 14:32 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih

Jejak digital (ilustrasi).

Jejak digital (ilustrasi).

Foto: Freepik.com
Menghapus jejak digital bukan berarti terbebas dari kejamnya kejahatan siber.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang mungkin ingin menghilangkan jejak digital di internet. Jika kita sudah bertekad bulat untuk menghapus hampir seluruh jejak digital, saat ini ada beberapa langkah yang dapat diambil. Menghapus jejak digital, juga bukan berarti kita dijamin terbebas dari kejamnya kejahatan siber.

Bisa juga, justru identitas kita dicuri untuk berbagai kegiatan ilegal di jagat maya. Oleh karena itu, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga

Pertama, pastikan data kita di hapus seluruhnya dari layanan perantara data. "Di luar sana, ada perusahaan yang berspesialisasi dalam manajemen merekam, seperti Delete Me, yang akan mengenakan biaya untuk 'rencana perlindungan' tahun an dan menjamin penghapusan data pribadi seseorang," ungkap konsultan utama di Liberty Advisor Group, Armond Çağlar.

Kemudian, kita juga bisa melakukan penghapusan permanen terhadap surel yang sudah lama. Salah satu pendiri Oc tiv Digital, Jeff Romero, mengungkapkan , menghapus akun surel lama memerlukan nama pengguna dan kata sandi akurat untuk masuk ke akun terlebih dahulu.

Jika seseorang tidak mengingat kata sandi surelnya, mereka harus menghubungi penyedia layanan surel untuk meminta kredensial ke akun. "Beberapa penyedia layanan surel, seperti MSN atau Yahoo akan secara otomatis menghapus akun surel, ketika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika tidak, Anda harus masuk ke akun secara manual untuk menghapusnya secara permanen," kata Romero.

Selain itu, kita juga bisa menetapkan batasan di dalam peramban. Caranya, bisa dimulai dengan menghapus semua cookie dan informasi cache dari setiap peramban yang selama ini digunakan.

Selanjutnya, kata Romero, gunakan pengaturan cookie browser untuk memberi tahu laman, Anda tidak ingin dilacak. Konsekuensinya, hal ini dapat menyebabkan beberapa fung sionalitas di beberapa situs laman menjadi tidak berfungsi, tetapi langkah ini bisa menjadi jurus ampuh untuk menjaga privasi di jagat maya.

Kemudian, kita juga bisa menggunakan platform yang dilindungi privasi. Salah satu pendiri dan Di rektur Operasi Caveni SEO Solutions Alexander Ke hoe menyampaikan, setelah meng hapus akun lama, jika ingin berselancar tanpa diketahui, kita bisa menggunakan platform, seperti Brave Browser untuk penelusuran laman-laman umum. Atau , menggunakan mesin pencari, seperti Duck Duck Go bila memungkinkan.

"Kedua platform ini dibangun untuk melindungi privasi," ujar Kehoe.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA