Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

Cara Download Video dari Youtube

Rabu 01 Dec 2021 10:57 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih

YouTube. Video Youtube bisa ditonton secara offline atau tanpa kuota.

YouTube. Video Youtube bisa ditonton secara offline atau tanpa kuota.

Foto: EPA
Video Youtube bisa ditonton secara offline atau tanpa kuota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda ingin menonton video Youtube saat keadaan offline atau tidak menggunakan kuota? tentu anda harus mengunduh video tersebut lebih dulu. Ada berbagai aplikasi dalam mengunduh video Youtube dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Kini, menggunakan pengunduh YouTube gratis untuk memiliki koleksi video yang diunduh lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Dilansir dari techradar pada Rabu (1/12), salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah 4K Video Downloader.
 
1. Unduh 4K Video Downloader
 
Untuk mendownload video YouTube ke PC Windows, mulailah dengan mendownload dan menginstal 4K Video Downloader. Perangkat lunak serbaguna ini sepenuhnya gratis, dan dapat mengunduh seluruh daftar putar, serta video 360 derajat dan 3D. Setelah selesai, centang kotak bertanda 'Luncurkan' dan klik 'Selesai'. 
 
2. Salin dan tempel URL video 
 
Buka browser web Anda, temukan video yang ingin Anda unduh dari YouTube dan salin URL-nya dari bilah alamat. Kemudian kembali ke 4K Video Downloader dan klik tombol hijau 'Tempel Tautan' di kiri atas. 
 
Perangkat lunak akan mengambil informasi tentang video dan memberi Anda pilihan opsi kualitas. Ini akan bervariasi tergantung pada kualitas video asli, tetapi perangkat lunak dapat mengunduh video YouTube dalam 4K jika tersedia. Opsi unduhan akan bervariasi tergantung pada kualitas video asli di YouTube. 
 
3. Pilih kualitas dan format 
 
4K Video Downloader memungkinkan Anda mengunduh seluruh video YouTube, atau hanya menyalin audio. Pilih pilihan Anda menggunakan menu tarik-turun di sebelah kiri, lalu pilih format menggunakan menu di sebelah kanan. Misalnya bila lebih suka MP4  karena memberikan keseimbangan kualitas dan ukuran file yang baik. Apalagi format itu pada dasarnya akan diputar di setiap perangkat. 
 
Kemudian, pilih kualitas video Anda. Untuk memutar ulang video di TV atau PC, sebaiknya pilih resolusi tertinggi. Tetapi perlu diingat bahwa ini akan memakan waktu lebih lama dan akan memakan lebih banyak ruang.
 
Untungnya, Anda dapat memeriksa perkiraan ukuran file di sebelah kiri untuk melihat berapa banyak ruang yang dibutuhkan. Anda juga dapat memilih di mana video yang diunduh harus disimpan menggunakan tombol 'Jelajahi' di bagian bawah. Setelah Anda puas, klik 'Unduh' 
 
4. Unduh video YouTube 
 
Video YouTube sekarang akan diunduh untuk Anda. Jika ada video lain di saluran pembuatnya, 4K Video Downloader akan menanyakan apakah Anda ingin mengunduhnya juga. Itu dapat mengunduh hingga 24 video sekaligus. Setelah video selesai diunduh, Anda dapat menemukannya di folder tujuan, atau klik kanan di Pengunduh Video 4K dan pilih 'Mainkan'. Kecuali Anda menyesuaikan pengaturan, video akan tetap berada di daftar ini sampai Anda memilih untuk menghapusnya, bahkan jika Anda menutup dan memulai ulang perangkat lunak. 
 
5. Coba Mode Cerdas 
 
Jika Anda sering mengunduh video dalam format yang sama, periksa Mode Cerdas. Ini menyimpan preferensi unduhan Anda dan memuatnya secara otomatis. Klik ikon bola lampu di kanan atas dan lain kali Anda menempelkan URL ke Pengunduh Video 4K, itu akan langsung diunduh dengan pengaturan terakhir yang Anda gunakan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA