Senin 26 Oct 2020 20:55 WIB

Mengapa Belajar Coding Itu Penting?

Coding merupakan soft skill karena membantu memecahkan masalah dan berkomunikasi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Coding. Ilustrasi
Foto: Google
Coding. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar coding kini makin di kenal luas oleh masyarakat. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, hingga pendiri Apple Steve Jobs pernah menyebut coding sebagai hal yang penting.

Urgensi untuk belajar coding juga diungkapkan co-founder Skilvul William Hendradjaja. Menurut dia, belajar coding penting, tidak hanya untuk programmer, tetapi juga untuk mempersiapkan diri menuju era transformasi digital abad 21.

Baca Juga

Coding juga merupakan soft skill yang penting karena membantu memecahkan masalah, kemampuan beradaptasi, kolaborasi, dan komunikasi. "Ini menjadi bekal yang sangat penting untuk kita miliki karena kita tidak tahu tiga tahun lagi, lima tahun lagi, jenis pekerjaan apa yang masih ada dan tidak ada," kata William.

Menurut data Forbes 2018, teknologi telah mengambil alih 90 persen pekerjaan manusia. "Jadi, kita melihat sekarang mau jualan di warteg aja sekarang semuanya pakai aplikasi. Terus, mau jualan kopi sekarang pakai aplikasi. Itu teknologi sudah semuanya ada di kehidupan manusia," ungkap cofounder dan CEO Markoding Amanda Simandjuntak.

Kedua, menurut McKinsey Global Institute, ada 800 juta pekerjaan yang akan diautomasi pada 2030. Artinya, peran manusia sudah tidak diperlukan dan pekerjaan itu sudah bisa dilakukan oleh mesin. Peran manusia akan sangat sedikit dan itu adalah hal yang harus diantisipasi.

Ketiga, menurut data KPMG, akan ada 9 juta pekerjaan yang tidak bisa dipenuhi di Indonesia. Selain itu, menurut Amanda, programmer tidak hanya pekerjaan laki-laki, tetapi juga perempuan.

Mungkin saat ini lebih banyak laki-laki yang berkarier menjadi programmer, tetapi bukan berarti perempuan tidak bisa. "Menurut aku sendiri, perempuan itu kurang PD saja, tapi sebenarnya secara kemampuan itu sama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement