Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Gambar Ruby Jones untuk Korban Christchurch Jadi Viral

Selasa 19 Mar 2019 19:03 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Gambar karya seniman Selandia Baru, Ruby Jones, yang viral di media sosial.

Gambar karya seniman Selandia Baru, Ruby Jones, yang viral di media sosial.

Foto: Instagram Ruby Jones
Ruby Jones menyatakan duka dan dukungannya untuk korban Christchurch lewat gambar.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Seniman Selandia Baru membuat ilustrasi tentang perdamaian yang menjadi viral di media sosial. Inisiatif itu menyusul serangan teroris yang menyasar dua masjid di Kota Christchurch, Jumat (15/3).

Dilansir laman Buzzfeed News, Ruby Jones yang berdomisili di Wellington itu ingin menangkap perasaan warga negaranya setelah tragedi yang merenggut nyawa 50 orang tersebut.

"Menggambar adalah cara saya menghadapi segalanya. Ketika terjadi insiden Christchurch, saya tidak bisa memercayai apa yang saya dengar. Hanya ada keterkejutan, air mata, dan kemarahan," kata seniman berusia 25 tahun tersebut.

Gambar kartun yang dibuat Jones menampilkan dua perempuan sedang berpelukan. Seorang memakai rok berwarna kuning, sementara seorang lagi memakai gamis merah muda dan hijab biru. Dia melengkapi gambarnya dengan tulisan berbunyi, "Ini rumahmu dan kau seharusnya aman di sini".

Banyak orang tersentuh oleh gambar sederhana tersebut. Jones pun telah menerima pesan dari orang-orang di seluruh dunia yang mengapresiasi gambarnya. Dia senang bisa memberikan kehangatan dalam gambar pelukan yang merupakan simbol cinta dan kebersamaan.

Jones membagikan gambar lewat akun Instagram @rubyalicerose. Gambarnya disukai ratusan ribu warganet di Instagram serta dibagikan ulang ribuan kali secara daring. Gambar juga menyebar ke media sosial lain, termasuk Twitter.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

im so sorry, i am here for anyone who needs anything. i love you all 💛

A post shared by Ruby Jones (@rubyalicerose) on



Sederet tokoh masyarakat turut menyukai dan membagikan gambar itu, salah satunya sutradara Taika Waititi. Pria yang mengarahkan film pahlawan super Marvel Thor: Ragnarok tersebut berasal dari Selandia Baru.

"Hatiku hancur. Negeriku menangis, begitu pula aku. Benci mengetahui ini bisa terjadi di tanah airku. Semua cinta untuk Christchurch, para korban, keluarga, komunitas Muslim, dan semua yang menganggap tempat indah ini sebagai rumah," kata Waititi sembari mengunggah ulang gambar Ruby Jones.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA