Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Tuesday, 22 Jumadil Akhir 1443 / 25 January 2022

Komputer Pembuat Situs Wikipedia Dilelang, Laku Berapa Ya?

Ahad 05 Dec 2021 06:23 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Komputer pribadi yang digunakan oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales ketika memprogram Wikipedia 20 tahun yang lalu dilelang.

Komputer pribadi yang digunakan oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales ketika memprogram Wikipedia 20 tahun yang lalu dilelang.

Foto: ETX Studio pic via malay mail
Komputer pembuat wikipedia dilelang bersama dengan NFT editan pertamanya.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Komputer pribadi yang digunakan oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales ketika memprogram Wikipedia 20 tahun yang lalu dilelang. Komputer ini dilelang bersama dengan NFT yang memperingati editan pertamanya di platform

Dilansir dari Malay Mail, Ahad (5/12) Strawberry iMac adalah mesin yang digunakan Wales untuk pengembangan dan penelitian pada saat peluncuran situs web referensi online itu pada 15 Januari 2001. Lelang ini diawasi oleh rumah lelang Christie’s yang dimulai pada Sabtu (4/12) di New York. 

Baca Juga

Sementara itu, NFT yang dilelang merupakan gambar layar debut Wikipedia ketika memposting kata-kata pertama, “Hello world”. 

NFT, disajikan dalam format JPEG, berfifat interaktif. Pembeli dapat mengedit halaman, yang dapat diatur ulang dengan pengatur waktu untuk kembali ke keadaan semula.

Sebagian dari hasil penjualan akan membantu mendanai proyek WT. Social Wales, jaringan media sosial alternatif yang menggunakan model bebas iklan. Kedua lot tersebut dijual secara online hingga 15 Desember, dengan harapan Christie’s akan terjual ratusan ribu dolar. 

NFT kini telah menjadi objek lelang baru yang menggiurkan. Sebuah NFT dari kode sumber World Wide Web terjual pada Juli seharga 5,4 juta dolar Amerika Serikat di Sotheby’s. Karya serba digital dari seniman Amerika Beeple terjual 69,3 juta AS atau Rp 10 triliun pada bulan Maret di rumah lelang Christie’s. Angka ini merupakan sebuah rekor NFT. 

Pada Sabtu (4/12) juga Christie’s mengumumkan lelang rompi anti peluru yang dikenakan oleh mega bintang rap Kanye West selama pesta yang menandai album 2021-nya, Donda. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA