Senin 26 Jul 2021 10:34 WIB

Teknologi Canggih di Balik Ajang Olimpiade Tokyo

Ada berbagai sentuhan teknologi digital paling mutakhir di ajang Olimpiade Tokyo.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kontingen Indonesia mengikuti defile dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021).
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Kontingen Indonesia mengikuti defile dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah sejak lama, sentuhan teknologi menjadi bagian dari sebuah gelaran olahraga. Pada ajang Olimpiade digelar di Tokyo pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang, ada berbagai teknologi terkini yang ikut menjadi bagian krusial dari kompetisi.

Di antaranya, sensor dan kecerdasan buatan (AI) yang secara instan mendigitalkan gerakan tubuh atlet, atau keberadaan bola pada beberapa jenis cabang olahraga. Pemanfaatan teknologi digital ini, juga dapat membantu atlet meningkatkan performa.

Baca Juga

Pembuat jam tangan Swiss Omega telah ditugaskan untuk mengumpulkan data atlet selama Olimpiade. Caranya dengan memasang sensor kecil di semua baju atlet.

Sensor kecil tersebut mengumpulkan dan menganalisis sekitar 2.000 set data per detik. Beberapa jenis data yang diolah, antara lain kecepatan yang mampu diraih.

Dalam olahraga bola voli pantai, kamera AI digunakan untuk mengukur di mana bola telah di lempar dan seberapa tinggi pemain melompat. Teknologi analisis serupa juga akan diperkenalkan pada balap sepeda, renang, dan senam.

"Teknologi kami dapat mengukur keseluruhan kinerja seorang pemain," kata CEO Omega Timing, Alain Zobrist, dilansir dari Nikkei Asia, Selasa (20/7).

Data, akan dibagikan dengan atlet dan pelatih, serta akan digunakan untuk mengembangkan program pelatihan di masa depan.

Tak hanya Omega, perusahaan teknologi olahraga Denmark, Track Man juga membantu tim bisbol Jepang dalam upaya memenangkan medali emas. Perangkat TrackMan menganalisis setiap lem paran atau pukulan dengan teknologi radar yang digunakan dalam militer, untuk melacak rudal dan pesawat.

Video secara otomatis terpicu saat pelepasan pitch atau saat pemukul melakukan kontak dengan bola dan ditampilkan berdampingan dengan analisis data TrackMan. Untuk lemparan, teknologi yang digunakan, akan dapat mengukur kecepatan pelepasan, kecepatan putaran, sumbu putaran, ketinggian pelepasan, dan sudut pele pasan.

Data yang didapat akan mem bantu pelatih mengevaluasi apakah seorang pelempar dalam kondisi prima atau masih kelelahan dari permainan sebelumnya. Perwakilan TrackMan di Jepang Daisuke Hoshikawa mengatakan, sebelas tim pro di Negeri Sakura telah meng gunakan TrackMan dan banyak pemain di tim nasional mengandalkannya untuk latihan.

"Banyak tim sekarang memiliki staf khusus untuk menganalisis data," ujar Hoshikawa.

Menurutnya, perangkat sejenis, kini banyak digunakan di Major League, serta liga baseball di Korea Selatan dan Taiwan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement