Kamis 10 Sep 2020 11:48 WIB

AC ini Diklaim Dapat Menghambat Coronavirus

AC ini mengusung teknologi radikal hidroksil yang mampu menghambat Coronavirus.

Panasonic mengeluarkan beragam jenis alat pendingin (AC) dengan teknologi OH
Foto: panasonic
Panasonic mengeluarkan beragam jenis alat pendingin (AC) dengan teknologi OH

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pandemi Covid-19 telah memotivasi Panasonic untuk memproduksi air conditioner (AC)  yang mampu menekan penyebaran virus tersebut. Baru-baru ini, perusahaan asal Jepang itu meluncurkan produk generasi terbaru AC dengan teknologi nanoeTMX.

AC dengan teknologi nanoeTMX dengan manfaat radikal hidroksil (OH) terbukti dapat menghambat Coronavirus jenis baru (SARS-CoV-2). General Manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), Diana Wijaya, mengatakan, bagi Panasonic, AC bukanlah sekadar penyejuk ruangan. Tetapi juga merupakan solusi total terhadap sirkulasi udara yang bersih dan sehat. “Untuk itu kami terus berupaya memberikan produk terbaik dan inovatif, yang disesuaikan dengan kondisi pasar di Indonesia. Melalui peluncuran AC generasi terbaru ini, kami bangga dapat mempersembahkan produk AC tangguh yang berkualitas tinggi,” ujar Diana.  

Disebutkan, AC anyar ini mengusung teknologi canggih, radikal hidroksil (OH). Radikal hidroksil adalah komponen yang sangat reaktif ditemukan secara alami di troposfer, yang umumnya dikenal sebagai 'deterjen' alam, dikarenakan kemampuan mereka untuk menghambat polutan, bau, dan juga virus. 

Panasonic Corporation berkolaborasi dengan Universitas Prefektur Osaka  mengonfirmasi bahwa OH yang terkandung dalam air memiliki efek penghambatan pada virus corona baru (SARS-CoV-2). Pengujian ini dilakukan di laboraturium tertutup, dan bukan dirancang pada kondisi sebenarnya. Pada pengujian ini telah diverifikasi bahwa 99 persen virus ini berhasil dihambat dalam  tiga jam.

 “Sebelum melakukan pengujian ini, Panasonic telah melakukan penelitian tentang radikal OH sejak 1997 dan telah mendapatkan banyak verifikasi mengenai keefektifannya untuk menghambat berbagai jenis mikroorganisme patogen seperti bakteri, jamur, alergen, dan berbagai macam virus corona. Mereka juga mampu memecah komponen PM2.5 dan memiliki efek penghilang bau,” papar Diana.

Disebutkan, Panasonic akan terus mengejar potensi  dari teknologi OH yang terkandung dalam Air dengan tujuan untuk menciptakan ruangan dan lingkungan yang sehat. Sehingga teknologi tersebut dapat membantu masyarakat untuk melawan pandemi dan risiko yang terkait dengan polusi udara seperti mikroorganisme patogen.

sumber:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement