Jumat 03 Feb 2023 18:15 WIB

Ada 5 Perubahan Besar pada WhatsApp, Apa Saja?

WhatsApp kini memiliki pelanggan hingga dua miliar di seluruh dunia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi perpesanan populer milik Meta itu memiliki sekitar 30 juta pengguna di Inggris dan dua miliar di seluruh dunia./ilustrasi
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Aplikasi perpesanan populer milik Meta itu memiliki sekitar 30 juta pengguna di Inggris dan dua miliar di seluruh dunia./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Beberapa perkembangan besar pada WhatsApp hadir kepada pengguna iOS dan Android. Beberapa perubahan akan diluncurkan dan diuji pada aplikasi beta terlebih dahulu, sebelum menjadi bagian dari aplikasi utama.

Aplikasi perpesanan populer milik Meta itu memiliki sekitar 30 juta pengguna di Inggris dan dua miliar di seluruh dunia. Tidak jelas kapan perubahan akan tersedia, karena WhatsApp membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk meluncurkannya.

Baca Juga

WhatsApp dapat menyertakan tambahan baru yang menarik, seperti fitur kamera yang memungkinkan pengguna beralih antara mode video dan kamera dengan lebih mudah. Pakar di WABetaInfo telah melihat perubahan yang akan datang.

Dilansir Mirror pada Jumat (3/2/2023), berikut apa saja perubahan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengguna WhatsApp?

1. Blokir pintasan

Memblokir kontak yang tidak diinginkan akan lebih cepat dan lebih mudah dari sebelumnya dengan pintasan baru yang akan dicantumkan di bagian opsi obrolan dari daftar obrolan pengguna. Memblokir banyak pengguna sekaligus belum menjadi opsi, tetapi fitur baru diharapkan menyertakan pembaruan untuk fitur itu.

"Menurut kami, fitur ini akan sangat membantu terutama jika Anda menerima banyak pesan dari orang yang tidak Anda kenal atau tidak ingin Anda ajak bicara, sehingga Anda dapat dengan cepat memblokirnya dengan membuka opsi obrolan,” kata WABetaInfo.

 

2. Mendeteksi teks dalam gambar

Mendeteksi gambar SMS akan menjadi fitur yang berguna bagi pengguna Whatsapp di masa mendatang dan sudah tersedia di versi beta aplikasi.

"Sangat mudah untuk mengetahui apakah fitur tersebut sudah tersedia dalam versi beta Anda, cukup buka gambar yang berisi teks dan verifikasi keberadaan tombol deteksi teks. Jika tombolnya terlihat, Anda dapat mulai mengekstraksi teks dari gambar dalam percakapan Anda,” kata WABetaInfo.

Perangkat lunak ini tidak tersedia untuk pengguna iOS di versi sebelumnya selain iOS 16.

 

3. Memindahkan obrolan Android

WhatsApp memudahkan pengguna Android untuk memindahkan riwayat obrolan mereka dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ini berarti pengguna tidak perlu menggunakan Google Drive untuk mendapatkan kembali data obrolan mereka saat beralih ke perangkat baru. Fitur ini masih dalam pengembangan dan tidak jelas kapan akan diluncurkan ke pengguna Android, tetapi mungkin dalam versi beta aplikasi dalam waktu dekat.

 

 

4. Teruskan media dengan keterangan

Saat ini, ketika pengguna meneruskan gambar atau video WhatsApp ke keluarga atau teman mereka, itu dilakukan tanpa teks. Dalam fitur baru, pengguna dapat menyimpan teks asli dari pesan apa pun yang mereka teruskan, atau memiliki opsi untuk menghapusnya.

"WhatsApp memperkenalkan peringatan yang memberi tahu pengguna tentang kemampuan untuk meneruskan gambar, video, GIF, dan dokumen, dengan teks diteruskan kepada orang-orang yang menginstal pembaruan terbaru aplikasi hari ini,” kata WABetaInfo.

Opsi ini akan tersedia untuk semua penguji beta. Aplikasi juga memperkenalkan peringatan untuk memberi tahu pengguna tentang fitur tersebut.

 

5. Mode kamera WhatsApp

WhatsApp sedang mengerjakan mode kamera yang akan memungkinkan pengguna untuk beralih lebih mudah antara mode kamera dan video. Saat ini, pengguna perlu menahan tombol kamera untuk merekam video, tapi fitur baru ini akan membuat fitur kamera lebih mirip dengan yang utama yang digunakan pada perangkat iOS.

Itu belum tersedia pada versi beta aplikasi karena masih sangat banyak dalam pengembangan. "Ini adalah kabar baik bagi semua pengguna WhatsApp karena fitur ini akan membantu mereka merekam video dengan cara yang sederhana dan mudah,” kata WABetaInfo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement