Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Pengelola Kata Sandi Google Ambil Alih Fungsi Keamanan Chrome

Selasa 06 Dec 2022 07:09 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Chrome

Chrome

Foto: mashable
Memeriksa kata sandi yang disimpan juga akan menjadi jauh lebih mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google Chrome 108 meluncurkan antarmuka kata sandi yang diperbarui untuk pengguna Android. Google mengganti daftar kredensial asli browser Android dengan Google Password Manager atau Pengelola Kata Sandi Google multi-platform-nya.

Beberapa pengguna Chrome 107 melihat pengelola kata sandi milik perusahaan mengambil alih tanggung jawab atas detail yang disimpan dari browser.

Baca Juga

Memeriksa kata sandi yang disimpan juga akan menjadi jauh lebih mudah dengan menu baru yang ditemukan di dalam menu Pengaturan Chrome dibandingkan di Google> Kelola Akun Google Anda> Keamanan> Pengelola Kata Sandi di dalam aplikasi Pengaturan. Ini akan memberi platform keunggulan atas Apple dengan kata sandi yang diakses melalui sejumlah sub-menu dalam aplikasi Pengaturan.

Dalam upaya untuk menyederhanakan pengelolaan sandi dan memudahkan penyorotan sandi yang disusupi, antarmuka mengikuti rute yang mirip dengan antarmuka passwords.google.com, yaitu akan dapat dilindungi oleh biometrik seperti sidik jari.

Dilansir Tech Radar, Selasa (6/12/2022), pembaruan pertama kali terlihat di Chrome 103, tetapi sepertinya akan mengambil bentuk penuhnya di versi 108 yang diluncurkan tepat pada akhir November 2022. Langkah memudahkan mengubah kata sandi menjadi pertanda bahwa Google sedang bersiap untuk meningkatkan fitur masuk tanpa kata sandi.

Persaingan besar datang dari Apple dengan fitur tanpa kata sandi. Meski begitu, hingga saat ini masih belum jelas bagaimana pengguna dapat mentransfer kata sandi dari perangkat iOS ke perangkat Android (dan sebaliknya). 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA