Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Daftar Aplikasi dan Game Android Terbaik 2022

Jumat 02 Dec 2022 12:37 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Google Play Store

Google Play Store

Foto: www.pixabay.com
Tahun ini merupakan tahun untuk pengembangan diri dan membangun komunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta (ANTARA) - Toko aplikasi Google Play mengumumkan sederet nama aplikasi dan game terbaik tahun ini di Indonesia. Google Play mengatakan tahun ini merupakan tahun untuk pengembangan diri dan membangun komunitas.

Hal itu terbukti dari beberapa kategori yang diraih oleh aplikasi dan pengembang (developer) yang berfokus pada kedua hal tersebut.

Baca Juga

Aplikasi Terbaik didapatkan oleh KitaLulus yang merupakan platform untuk mengakses berbagai peluang kerja melalui pendidikan dan pembangunan komunitas. Ada juga Grammarian yang mendorong literasi bahasa Inggris melalui edutainment yang menyenangkan.

Di kategori Aplikasi Dampak Positif Terbaik ada Bicarakan.id yang menghubungkan orang-orang yang membutuhkan bantuan ahli kesehatan mental. Selain itu, Virgo mendapatkan gelar sebagai Aplikasi Harian Terbaik.

Pada kategori Aplikasi Hiburan Terbaik dan Aplikasi Pilihan Pengguna diraih KAKAO WEBTOON. Sementara Aplikasi Unik Terbaik diraih oleh Debaede. Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik didapatkan oleh FluenDay.

Aplikasi Todoist mendapatkan gelar Terbaik untuk Wear OS, aplikasi Pocket meraih kategori Terbaik untuk Tablet.

Sementara itu, pada game, Google Play membuat kategori baru yang mencakup banyak genre game yang ada saat ini, termasuk Game dengan Cerita Terbaik, dan Game Terbaik yang Terus Diupdate.

Selain itu, platform juga memperkenalkan kategori penghargaan game baru, yaitu Game Buatan Indonesia Terbaik (Best Made in Indonesia), sebagai bentuk apresiasi terhadap semakin pentingnya peranan dan kontribusi industri game lokal di Indonesia. Penghargaan ini didapatkan oleh game "Grammarian Ltd".

Game Terbaik diraih "Apex Legends Mobile". Game Multiplayer Terbaik didapatkan "Dislyte". Game "Angry Birds Journey" juga masih berada di daftar dengan meraih kategori Game Kasual Terbaik dan Game Terbaik untuk Tablet.

"Genshin Impact" mendapatkan gelar sebagai Game Terbaik yang Terus Diupdate. Selanjutnya Game Indie Terbaik diraih oleh "One Hand Clapping", dan "Diablo Immortal" mendapatkan Game dengan Cerita Terbaik.

 

Google Play adalah rumah bagi 10 ribu lebih developer di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang pesat. Selain itu, lebih dari 150 juta orang Indonesia mengunjungi Google Play setiap bulannya untuk menemukan berbagai aplikasi dan game menarik yang menghubungkan mereka dengan dunia.

"Google Play memungkinkan developer baik besar maupun kecil dari seluruh Indonesia untuk berkembang di platform kami. Kami melihat sudah ada banyak developer Indonesia yang sukses di pasar global yang sangat kompetitif," kata Director of Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia, Kunal Soni.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA