Ahad 29 May 2022 01:37 WIB

Memformat di Google Document Kini Makin Mudah, Begini Caranya

Fitur Multi-select bisa memilih beberapa bagian teks sekaligus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan google document
Foto: www.wikimedia.com
Tampilan google document

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google Documents meluncurkan fitur baru yang dapat mempermudah pekerjaan dalam pemformatan dokumen. Fitur baru bernama Multi-select, yaitu kemampuan memilih beberapa bagian teks sekaligus.

Jika Anda memiliki dua kalimat yang dipisahkan oleh judul atau ingin menerapkan efek yang sama pada tiga kata berbeda di seluruh paragraf, Anda dapat melakukannya hanya dengan memilih teks sekaligus.

Baca Juga

Untuk memilih beberapa bagian teks sangat sederhana, pertama Anda pilih bagian teks. Lalu tekan tombol Command (⌘) atau Control, tergantung Anda menggunakan Mac atau Windows. Kemudian tahan terus dan pilih potongan teks lain yang Anda inginkan. Setelah semuanya dipilih, Anda dapat melepaskannya dan mengubah bagian pemformatan apa pun yang Anda inginkan menggunakan alat yang diinginkan.

Meskipun ini hal kecil, tetapi ini akan sangat membantu pekerjaan Anda lebih mudah dibandingkan menyorot seluruh teks. Fitur ini juga dapat digunakan untuk hal lain selain pemformatan.

Misal, Anda ingin memotong beberapa paragraf dan memindahkannya atau ingin menambahkan komentar yang relevan untuk beberapa kalimat. Anda bisa gunakan Multi-select untuk membuatnya mudah.

Dilansir The Verge, Kamis (26/5/2022), ada beberapa situasi di mana menggunakan fitur ini tidak akan menjadi pilihan terbaik. Misal, jika Anda mencoba mengubah setiap header di dokumen Anda, Anda mungkin lebih baik mengubah style saja, daripada mencoba memilih setiap header secara manual. Untuk melakukannya, Anda dapat memformat satu header seperti yang Anda inginkan lalu pergi ke bagian style, pilih level header, dan klik “Update [style] to match.”

Meskipun Multi-select mungkin bukan alat yang sempurna untuk setiap situasi, Google  menambahkannya sebagai opsi. Khususnya karena ada beberapa pengolah kata aplikasi desktop yang tampaknya tidak memiliki fitur itu.

Dalam sebuah postingan pengumuman, Google mengatakan fitur tersebut akan diluncurkan secara bertahap ke akun semua orang selama 15 hari ke depan. Jadi, jika Anda belum memilikinya, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement