Kamis 24 Jun 2021 22:46 WIB

Honda Buat Sistem Navigasi GPS untuk Sepatu

Navigasi Ashirase dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan orang-orang tunanetra.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Honda Motor Co merancang sistem navigasi GPS baru untuk sepatu
Foto: PR times
Honda Motor Co merancang sistem navigasi GPS baru untuk sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Honda Motor Co merancang sistem navigasi GPS baru untuk sepatu. Sistem navigasi GPS ini disebut Ashirase .

Dilansir dari Japan Today, Kamis (24/6), sistem ini bekerja sama dengan aplikasi ponsel cerdas, untuk menetapkan tujuan sebelum memulai berjalan kaki. Setelah Anda berjalan, sensor memungkinkan sistem untuk menentukan posisi Anda saat ini dan memberi Anda arah di sepanjang jalan melalui getaran di sepatu.

Baca Juga

Tali perangkat dilengkapi dengan compact oscillators dan menyalakan sektor yang berbeda menunjukkan arah yang berbeda. Ketika bagian di sisi kaki kiri Anda bergetar, misalnya, itu berarti “Belok kiri”.

Gemuruh di sepanjang tepi luar kaki kanan Anda adalah “Belok kanan”. Getaran di kedua kaki adalah sinyal “Berhenti”. Ketika pengguna menghadap ke arah yang benar, rasa kesemutan di kedua set jari kaki memberitahu Anda untuk bergerak maju.

Namun, jika sistem memerlukan ponsel cerdas, mengapa tidak menggunakan sejumlah aplikasi navigasi GPS lainnya? Jawabannya adalah Ashirase dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan orang-orang tunanetra.

Bagi mereka dengan penglihatan buruk atau masalah mata lainnya, memeriksa layar ponsel adalah sulit atau bahkan tidak mungkin. Dengan hands-free berarti Ashirase tidak menyebabkan masalah bagi mereka yang berjalan dengan tongkat. Getaran panduan menggantikan instruksi verbal menghilangkan kebutuhan untuk memakai earphone

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement