Senin 21 Jun 2021 10:41 WIB

Aplikasi Musik Shazam Capai 1 Miliar Pencarian Lagu

Shazam diakuisisi oleh Apple pada 2018 dengan kesepakatan senilai 400 juta dolar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Shazam
Foto: google play
Shazam

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Shazam, platform pencarian musik telah mencapai tonggak sejarah  1 miliar Shazam (pencarian) di platform dan 50 miliar tag sejak awal alat ini ada. Perusahaan ini diakuisisi oleh Apple pada 2018 dengan kesepakatan senilai 400 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Shazam mengidentifikasi lagu dengan membuat sidik jari digital unik untuk mencocokkan lagu yang Anda dengar dengan salah satu dari jutaan lagu di database Shazam. 

Baca Juga

“Baik untuk para penggemar yang mendapatkan pengenalan lagu hampir seketika dan untuk artis yang ditemukan. Dengan 1 miliar pengenalan per bulan, Shazam adalah salah satu aplikasi musik paling populer di dunia. Pencapaian hari ini tidak hanya menunjukkan kecintaan orang-orang pada Shazam, tetapi juga selera yang terus tumbuh untuk penemuan musik di seluruh dunia,” kata Oliver Schusser, wakil presiden Apple Music and Beats, dilansir dari Indian Express, Senin (21/6).

Butuh waktu 10 tahun bagi Shazam untuk melampaui satu miliar pengakuan bulanan dan telah berhasil mencocokkan lebih dari 50 miliar tag dengan lebih dari 51 juta lagu.

Hasil Shazam pertama, diterima melalui pesan teks, adalah Jeepster oleh T.Rex. Lagu Shazamed ke 50 miliar adalah lagu Mandarin Pop Evangeline Kuang Bu Zhu De Ai. Sejauh ini, Dance Monkey Tones and I adalah trek paling Shazamed sepanjang masa.

Shazam baru-baru ini mengumumkan ShazamKit, alat baru yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan teknologi audio Shazam ke dalam aplikasi mereka sendiri. Ini memungkinkan aplikasi mendeteksi katalog lagu Shazam yang luas dan mencocokkan audio yang direkam sebelumnya dengan hasil khusus yang dibuat oleh pengembang.

Misalnya, alat ini dapat digunakan untuk pembelajaran virtual, dengan menggunakan audio konten pelajaran untuk memicu aktivitas yang disinkronkan di aplikasi siswa sebagai aliran konten melalui konferensi video. ShazamKit akan dirilis akhir tahun ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement