Rabu 05 Jan 2011 05:54 WIB

Mobile Advertising, Cara Baru Beriklan yang Efektif dan Efisien

Mobile Advertising Telkomsel
Foto: telkomsel
Mobile Advertising Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,Telkomsel kembali merilis layanan baru yang masuk dalam rumpun new bussines. Kali ini, operator seluler terbesar di Indonesia ini meluncurkan Mobile Advertising. Layanan ini didukung oleh 33 media seller dan sekitar 100 brand ternama di Indonesia.

Mobile advertising merupakan layanan pengiriman pesan komersial dalam bentuk iklan kepada pelanggan Telkomsel melalui SMS, MMS, NSP, outbond call, cell broadcast, dan sebagainya. Dengan kehadiran Mobile Advertising, Telkomsel memfasilitasi seluruh industri dengan menyediakan solusi baru untuk beriklan secara masif dan tepat sasaran.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno menyatakan bahwa industri periklanan kini telah memasuki tahapan baru untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, yakni dengan memanfaatkan teknologi digital. ''Kami berupaya melakukan kreasi dan inovasi new services dengan menghadirkan suatu konvergensi layanan selular dan periklanan digital, kata Sarwoto.

Ia menambahkan bahwa layanan Mobile Advertising merupakan sarana yang efektif dan efisien bagi para pengiklan dari berbagai industri untuk melakukan penetrasi secara langsung kepada target pasar yang relevan melalui berbagai layanan yang hadir di ponsel." Untuk menggunakan layanan Mobile Advertising, pihak pengiklan dapat bekerjasama dengan media seller yang menjadi mitra Telkomsel untuk menyusun materi iklan. Sementara itu, Telkomsel menyediakan jasa untuk menyampaikan materi iklan tersebut kepada calon pelanggan.

Telkomsel telah melakukan pemetaan pelanggan berdasarkan usia, jenis kelamin, kota, status ekonomi sosial, penggunaan data, jenis produk Telkomsel yang digunakan ( KartuHalo, Simpati, atau Kartu As), dan preferensi pelanggan. Dengan memanfaatkan layanan Mobile Advertising, para pengiklan akan mendapatkan target pasar yang sesuai dengan profil pelanggan. Di samping itu, Telkomsel juga menyajikan laporan yang akurat mengenai jumlah pesan yang dikirimkan dan response rate untuk masing-masing kampanye iklan dalam waktu yang relatif cepat.

Telkomsel menyediakan ragam layanan Mobile Advertising yang hadir dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video. Layanan ini antara lain berupa Bulk Services, Fress Ads, SMS 2.0, Mobile Media, Pop Screen dan WAP Banner. Iklan dikirimkan hanya kepada pelanggan yang telah menyatakan kesediaannya untuk menerima pesan.

Dalam hal ini, pelanggan cukup melakukan registrasi melalui Telkomsel maupun pengiklan bersangkutan. Di samping itu, Telkomsel juga menjamin kerahasiaan data pelanggan dan membatasi jumlah pesan yang diterima pelanggan di ponselnya.

"Melalui layanan Mobile Advertising, kami berkomitmen untuk mendukung kemajuan industri kreatif nasional, dengan mendorong insan-insan kreatif Indonesia untuk menghasilkan karya iklan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Kehadiran layanan Mobile Advertising ini merupakan salah satu upaya kami dalam menyediakan solusi layanan mobile lifestyle terbaik," tegas Sarwoto.

Sepanjang tahun 2009 Telkomsel telah melakukan lebih dari 500 eksekusi iklan yang melibatkan lebih dari 100 merek ternama dari berbagai kategori produk, seperti: perbankan, makanan dan minuman, consumer goods, otomotif, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan potensi pasar yang masih terbuka luas, ke depannya Telkomsel bertekad untuk menjadi prominent player di industri Mobile Advertising.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement