Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

UMKM Diminta Kreatif dan Manfaatkan Teknologi

Selasa 26 Mar 2019 15:41 WIB

Red: Gita Amanda

Telkom

Telkom

Foto: Telkom Indonesia
UMKM binaan Telkom Kalteng diminta terus menggali kreativitas dalam usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaannya PT Telkom Kalimantan Tengah, harus terus menggali kreativitas mengembangkan usahanya sekaligus lebih memanfaatkan teknologi. Saat ini bisnis tak terlalu tergantung modal namun kreasi dan pemahaman terhadap teknologi.

"Sekarang ini banyak bisnis yang tidak terlalu tergantung dengan modal. Asal kita terus berkreasi dan meningkatkan pemahaman terhadap teknologi," kata General Manajer PT Telkom Witel Kalteng Mustadi saat membuka sosialisasi virtual account, pembekalan dan penyaluran pinjaman kemitraan triwulan I tahun 2019 di Palangka Raya, Selasa (26/3).

Baca Juga

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan teknologi, PT Telkom memiliki program bina lingkungan. Di mana program tersebut memberikan pelatihan terhadap para pelaku usaha lebih mengenal dan mengoptimalkan pengoperasian teknologi, khususnya internet dalam memasarkan produk-produknya.

"Jadi, kalau ada UMKM mitra binaan telkom yang ingin mengikuti programnya, silahkan disampaikan. Tapi tentu, program tersebut dilaksanakan secara berkelompok, bukan perorangan," kata Mustadi.

Selain memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM mitra binaan, PT Telkom kembali menyalurkan pinjaman lunak untuk triwulan I tahun 2019. Kali ini UMKM mitra binaan yang mendapatkan pinjaman lunak sebanyak 37 dengan total keseluruhan mencapai Rp 1,242 miliar.

Kepala CDC PT Telkom Witel Kalteng Imam Sugiono mengatakan 37 UMKM yang mendapatkan pinjaman lunak tersebut tersebar di Kota Palangka Raya sebanyak 32 UMKM, Kabupaten Pulang Pisau dua UMKM, Kapuas dua UMKM, dan Gunung Mas satu UMKM. "Bidang UMKM yang menerima kredit lunak tersebut 66,7 persen di antaranya pedagang, 26,4 persen jasa, 4,9 persen industri, dan dua persen perikanan," katanya.

Imam mengatakan penyaluran kredit lunak ini juga diisi dengan temu kangen semua mitra usaha binaan PT Telkom Witel Kalteng yang masih terregister di sistem. Di mana ada sekitar 60 UMKM mitra binaan turut hadir.

"Kami juga menghadirkan salah seorang motivator sekaligus pelaku usaha di acara ini. Tujuannya agar para pelaku usaha yang menjadi mitra PT Telkom semakin termotivasi mengembangkan dan memajukan usahanya," ujar Imam.

Dalam acara sosialisasi virtual account, pembekalan dan penyaluran pinjaman kemitraan triwulan I tahun 2019 sekaligus gathering dan sukses story, turut dihadiri Manager HR dan CDC PT Telkom Witel Kalteng, serta perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kalteng.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA