Kamis 27 Dec 2018 20:47 WIB

Telkom Corpu akan Perbanyak Pelatihan Digital

Pelatihan digital untuk SDM diharapkan semakin menguatkan perusahaan di Indonesia.

Digital Transformasi. Ilustrasi
Foto: CNN
Digital Transformasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Telkom Corporate University (Telkom Corpu) akan memperbanyak pelatihan digital kepada badan usaha milik negara (BUMN) dan instansi lainnya melalui kegiatan 'PluggedIn' pada 2019. Senior General Manager Telkom Corpu Rina D Pasaribu mengatakan pelatihan digital untuk sumber daya manusia (SDM) diharapkan semakin menguatkan perusahaan di Indonesia.

Rina mengatakan Telkom Corpu memperoleh kepercayaan tambahan untuk menyelenggarakan pelatihan SDM dari sejumlah kementerian dan BUMN. Oleh karena itu, kata dia, ajang berbagi ilmu pengembangan SDM, PluggedIn, akan digelar lebih banyak pada tahun 2019.

Ia mengatakan setelah acara PluggedIn perdana November 2018, telah dilaksanakan beberapa pelatihan dan berbagi pengalaman terkait pengembangan SDM dari beberapa kementerian seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

"Usai pelaksanaan PluggedIn perdana, kami bahkan sudah memberikan layanan pelatihan kepemimpinan serta sharing pengembangan kompetensi di tiga kementerian tadi," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Bank BJB dan Lembaga Administrasi Negara menyatakan minat yang sama bekerja sama dengan Telkom Corpu dan ini masih sama, yakni berkisar pada kemungkinan pelaksanaan pelatihan hard skill dan soft skill bagi pegawai institusi tersebut.

Menurut Rina, sekalipun ilmu terkait pengembangan SDM banyak yang cuma-cuma di internet, namun pengalaman dan cerita sukses Telkom CorpU menjadi daya tarik dan sangat diminati. "Kami dinilai punya sistem dan metodologi yang teruji bisa mengembangkan dan mempersiapkan SDM untuk bertransformasi sesuai kebutuhan bisnis dan jaman," kata dia.

Dia mengatakan sebelum pelaksanaan PluggedIn, sebenarnya sudah mulai banyak institusi yang menggunakan jasa Telkom CorpU yang semula hanya fokus melayani kebutuhan internal Telkom Group.

Adapun institusi yang sudah bekerja sama dengan Telkom Corpu antara lain Perhutani, Kimia Farma, PT Angkasa Pura II, Rumah Kreatif BUMN, Bank Mandiri, PT LEN, Bina Karya, PT BNI, Perum PNRI/Dir BUMN dan PT Dirgantara Indonesia.

Consulting Director, yang mengelola layanan Telkom CorpU Oki Wiranto menambahkan untuk institusi eksternal Telkom Group, pihaknya tahun 2019 berencana menggelar dua kali PluggedIn di setiap semester.

Tema yang akan diangkat seputar human capital management dan isu kekinian seperti pengembangan millenial menjadi future leader, penyiapan human capital untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, Future of Corpu dan banyak lagi.

"Rencananya kami akan panggil ahli global terkait human capital management. Dengan peserta diundang akan lebih bervariasi dari PluggedIn 2018. Kemungkinan besar akan mengundang kementerian, pemda, BUMN, swasta dan perguruan tinggi," kata Oki.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement