Jumat 26 Oct 2018 13:08 WIB

OONA Diunggah Lebih dari Satu Juta Kali

OONA merupakan aplikasi mobile inovatif yang menawarkan berbagai layanan.

OONA aplikasi mobile inovatif PT Metranet.
Foto: Telkom
OONA aplikasi mobile inovatif PT Metranet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Metra-Net (Metranet) melalui salah satu produknya yaitu OONA, hari ini melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama oleh beberapa content partner, antara lain Antara TV, Muvinow, Bali TV, Sequilla, dan Cumi-Cumi. Dengan kerja sama ini, melengkapi total channel OONA menjadi lebih dari 150. Saat ini, aplikasi OONA telah mencapai lebih dari satu juta kali diunggah.

OONA merupakan aplikasi mobile inovatif dengan taglineFree, Rewarding, Fun”. Dalam layanannya, OONA menawarkan tayangan TV lokal maupun internasional, serta konten-konten Video-on-Demand (VOD) yang dapat dinikmati penggunanya secara gratis. "Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh content partner yang telah bekerja sama dengan OONA. ​Dengan kerja sama baru ini, total ​channel ​yang dapat dinikmati melalui OONA sudah lebih dari 150 channel. Saat ini, OONA telah mencapai lebih dari satu juta apps download," ujar Direktur Utama Metranet Widi Nugroho.

Ini membuktikan bahwa OONA dipercaya sebagai platform menonton tv yang bisa memberikan value kepada para pemilik konten dan tentunya juga bagi pengguna. Fitur-fitur yang dihadirkan tidak saja menjadikan OONA mampu menghadirkan solusi tayangan siaran TV maupun VOD, namun OONA mampu menjadi enabler terselenggaranya ekonomi berbagi.

"Konsep ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penguatan ekonomi digital kreatif di Indonesia dan khususnya pada ekosistem yang kami bangun," ujar Widi seperti dalam siaran persnya.

Antusiasme masyarakat dalam menyambut kehadiran OONA tak lepas dari tingginya relevansi antara value, manfaat, serta keunggulan OONA dengan tren kebutuhan dan gaya hidup generasi digital saat ini. Dari data yang dimiliki OONA, konsumsi generasi Y dan Z terhadap tayangan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan ternyata masih menduduki posisi teratas meskipun tren mengakses melalui perangkat TV menunjukkan penurunan. Menariknya, menurunnya tren tersebut dibarengi dengan naiknya tren pemanfaatan internet dalam aktivitas keseharian mereka.

Generasi Y dan Z mengakses internet dengan beragam tujuan, seperti untuk bersosial media, mencari peluang kerja, membaca berita, hingga menonton siaran televisi secara streaming, dan melihat iklan-iklan untuk mencari produk-produk menarik. Dua temuan terakhir tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan menarik bagi dunia usaha dalam menggunakan OONA sebagai media untuk berpromosi.

Mengenai perangkat yang digunakan untuk berselancar di dunia maya, penggunaan smartphone dan tablet berada di peringkat pertama, disusul dengan notebook, dan terakhir adalah penggunaan komputer desktop. Ini selaras dengan fakta lainnya yang menegaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang praktis dan tidak mau repot.

Direktur Pengembangan Bisnis Metranet Setyo Budianto mengatakan aplikasi ini hadir sebagai cara baru menonton tayangan televisi bagi masyarakat Indonesia. Khususnya generasi digital yang memiliki mobilitas tinggi, selalu ingin terhubung dengan informasi terbaru, terus eksis dalam bersosialisasi digital, dan senantiasa mengandalkan dukungan smartphone untuk setiap aktivitasnya.

"OONA memiliki pendekatan unik yang mampu menghubungkan kepentingan pengguna, merchants, maupun dunia usaha," ujar Setyo.

Untuk menghadirkan pengalaman-pengalaman seru tersebut, OONA diperkaya dengan beberapa fitur inovatif dan menarik, antara lain:

1. Chatbot, bernama Siskabot yang akan berinteraksi dengan pengguna tentang jenis tayangan yang diminati dan sekaligus akan menjadi dasar bagi OONA dalam menyuguhkan iklan yang sesuai dengan pengguna berkat dukungan teknologi AI yang menyertai aplikasi ini.

2. TCoins, penawaran menarik berupa poin reward bagi pengguna terkait dengan kesediaannya menonton tayangan pariwara yang menyertai siaran TV atau VOD yang dipilihnya. dan mengundang teman atau kerabat untuk turut mengunduh melalui akun media sosial atau aplikasi pesan, serta pengguna yang telah melakukan perbincangan bersama pengguna lain tentang sebuah tayangan di chat room yang tersedia. Selanjutnya, Tcoins dapat ditukarkan dengan kupon potongan harga di berbagai merchants.

3. Sharing, pengguna dapat melakukan editing setelah melalukan screen capture dan share melalui media sosial. “Advertising merupakan salah satu penyumbang revenue bagi OONA. Kami memiliki display ads/mid rool yang dapat dimanfaatkan dunia usaha dalam melakukan kegiatan promosi secara efektif dan tepat guna. Sebagai pelaku bisnis di industri digital, kami juga memiliki komitmen yang tinggi dalam menghadirkan manfaat baru melalui inovasi-inovasi yang akan terus kami kembangkan," ungkap Setyo.

"Keuntungan" yang lebih diharapkan adalah semakin diterimanya OONA sebagai platform yang mampu memenuhi gaya hidup setiap generasi dan menjadi bagian tumbuhnya bisnis dari beragam pelaku ekonomi kreatif yang menjadi mitra OONA. Ke depannya, Metranet berencana menggandeng Telkomsel untuk berkolaborasi dalam meningkatkan trafik data dalam mengakses konten video. Sebagai langkah lanjutan dari strategi tersebut, nantinya OONA akan bisa dinikmati melalui paket video dari Telkomsel yaitu paket VideoMAX.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement