Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Pascagempa Telkomsel Berhasil Pulihkan 90 Persen Jaringan

Selasa 09 Oct 2018 19:15 WIB

Red: Gita Amanda

Warga korban gempa Palu mencari sinyal internet di kantor Telkomsel, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10).

Warga korban gempa Palu mencari sinyal internet di kantor Telkomsel, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10).

Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Cakupan jaringan suara mencapai 94 persen dan internet 90 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Telkomsel berhasil melakukan pemulihan 90 persen jaringan komunikasi pascagempa 28 September 2018 di berbagai daerah di Sulawesi Tengah. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali site Base Transceiver Station (BTS) layanan seluler dengan cakupan jaringan suara 94 persen dan internet 90 persen.

"Kami menyadari layanan komunikasi sangat penting pada kondisi bencana seperti ini, khususnya untuk mengabarkan keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan," kata Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, Selasa (9/10).

Untuk itu pihaknya terus fokus dalam mendukung kelancaran penanganan dan penanggulangan bencana di Palu, Donggala dan Sigi dengan mengaktifkan jaringan komunikasi agar koordinasi tetap lancar serta masyarakat dapat berkomunikasi.   Dengan kondisi itu, kata dia, memungkinkan masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas komunikasi dengan normal, bahkan untuk beberapa wilayah yang terdampak bencana paling parah seperti Kota Palu dan Kabupaten Donggala, cakupan layanan suara, SMS maupun internet telah mencapai 100 persen.

Sebagai operator yang memiliki cakupan terluas dan site-site BTS yang tersebar di Sulawei Tengah tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Telkomsel untuk memulihkan jaringan pascabencana. "Kami bersyukur recovery jaringan dapat berlangsung dengan cepat sesuai target yang diberikan pemerintah, saat ini telah mencapai 90 persen, kini masyarakat sudah bisa memanfaatkan layanan komunikasi dengan normal," katanya.

Aktivitas yang terus dilakukan adalah memantau site-site jaringan yang mengalami gangguan ataupun berpotensi gangguan untuk kemudian dipulihkan dengan memobilisasi 218 mobile genset untuk catuan daya dan memasang tiga mobile BTS.

Selain upaya pemulihan jaringan, Telkomsel juga melakukan berbagai upaya kepedulian. Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama sepekan. Telkomsel telah menyerahkan 1.000 SIM Card SimPATI kepada aparat Polda Sulteng dan para relawan kemanusiaan untuk kemudahan komunikasi dan koordinasi di lapangan.

"Kami juga membuka posko-posko siaga bencana yang selain berfungsi sebagai pusat komando juga memberikan bantuan kepedulian dan telpon gratis bagi korban," ujarnya.

Selain itu bagi pelanggan yang ingin berdonasi, Telkomsel bekerja sama dengan Rumah Zakat membuka layanan donasi bagi korban gempa Donggala. Donasi dapat melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA