Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Layanan ICT TelkomGroup Dukung IMF-Bank Dunia

Senin 08 Oct 2018 15:09 WIB

Red: Gita Amanda

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan saat memberikan arahan kepada Tim Satuan Tugas TelkomGroup untuk Event Annual Meeting IMF-WBG 2018 di Bali, pekan lalu. Layanan ICT TelkomGroup serta Tim Satuan Tugas yang bersiaga 24 jam siap mendukung suksesnya penyelenggaraan event berskala internasional tersebut.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan saat memberikan arahan kepada Tim Satuan Tugas TelkomGroup untuk Event Annual Meeting IMF-WBG 2018 di Bali, pekan lalu. Layanan ICT TelkomGroup serta Tim Satuan Tugas yang bersiaga 24 jam siap mendukung suksesnya penyelenggaraan event berskala internasional tersebut.

Foto: TelkomGroup
TelkomGroup berkomitmen menyediakan solusi telekomunikasi terdepan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan layanan ICT TelkomGroup siap turut menyukseskan penyelenggaraan Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank Group 2018 (AM IMF-WBG 2018). TelkomGroup berkomitmen menyediakan solusi telekomunikasi terdepan untuk kenyamanan berkomunikasi para delegasi dan peserta lainnya selama event berskala dunia ini berlangsung mulai 8 hingga 14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali.

Direktur Enterprise Telkom Dian Rachmawan mengatakan, menyusul sukses penyediaan ICT untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 beberapa waktu yang lalu, TelkomGroup saat ini juga ditunjuk sebagai penyedia layanan Information and Communication Technology (ICT) AM IMF-WBG 2018. Event Internasional ini juga hampir bersamaan waktunya dengan penyelenggaran Asian Para Games 2018.

Untuk kedua event ini, TelkomGroup sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan jaringan infrastruktur ICT kelas dunia, yang handal dan telah teruji. TelkomGroup berkomitmen untuk memastikan layanan ICT berkualitas prima baik dari sisi jaringan, teknologi, produk, maupun layanan.

"Secara keseluruhan, total peserta yang akan hadir mencapai 15 ribu orang, sehingga dibutuhkan layanan ICT yang handal dan always on," kata Dian seperti dalam siaran persnya, Senin (8/10).

Annual Meeting IMF-WBG 2018 merupakan konferensi internasional terbesar di dunia dalam bidang ekonomi dan keuangan, menghadirkan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara anggota serta sektor swasta, akademisi, NGO dan media.

Dalam mendukung penyelenggaraan AM IMF-WBG 2018 tersebut, TelkomGroup menyediakan infrastruktur ICT yang meliputi penyediaan Gateway Internet dengan kapasitas sampai dengan 40 Gbps yang dilengkapi dengan security firewall, penyediaan 1.170 access point wifi station dan  penarikan Kabel LAN untuk 2.740 titik.

Untuk kesiapan jaringan, Telkom telah melakukan penarikan cable fiber optic 180 core ke lokasi penyelenggaraan. Selain itu, ditempatkan pula Tim Teknisi Network Telkom Siaga berjumlah 300 orang, 160 orang satuan tugas pengawalan AM IMF-WBG 2018, 110 orang engineer dan expert network (LAN, Wireless, Security) yang siap 24 jam untuk memantau setiap network element, baik traffic domestic maupun internasional.

TelkomGroup juga menghadirkan layanan internet cepat, Mobile Broadband Telkomsel, dan WiFi di seluruh venue, antara lain di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali International Convention Center, Bali Nusa Dua Hotel, Nusa Dua Beach Hotel, Lagoon Hotel, Bandara Ngurah Rai dan Garuda Wishnu Kencana.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan memaparkan, untuk layanan seluler, TelkomGroup menyediakan berbagai layanan 4G Telkomsel. Untuk menjaga performasi 3G dan 4G selama AM IMF-WBG 2018 berlangsung, Telkomsel telah menyiagakan lebih dari 1500 BTS 3G dan lebih dari 1000 BTS 4G di Bali.

Sementara untuk meningkatkan coverage, capacity, dan capability di lokasi sidang berlangsung, tidak kurang dari 211 BTS 4G baru telah dibangun di wilayah Bali dan sekitarnya. "Telkomsel juga menyediakan sembilan unit Combat (Mobile BTS), dan menyiapkan pusat pengendali operasi layanan di Nusa Dua dan Command Center di Denpasar dan Jakarta,” papar Bob.

Telkomsel juga telah menyiapkan ribuan kartu perdana simPATI Tourist Wonderful Indonesia untuk melayani kebutuhan komunikasi delegasi negara, tamu, peserta AM IMF-WBG 2018 serta turis mancanegara lainnya yang ingin menikmati layanan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Melalui simPATI Tourist Wonderful Indonesia Rp 100 ribu, pelanggan dapat menikmati gratis telepon selama 300 menit untuk panggilan internasional ke lebih dari 150 negara melalui layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) 01017, gratis 300 SMS internasional ke seluruh negara di dunia, serta gratis layanan data sebesar 10 GB untuk mengakses Internet. Produk simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini bisa didapatkan di 62 outlet yang tersebar di sekitar lokasi konferensi.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan layanan non-tunai berupa TCASH dan layanan cash in TCASH, di mana produk ini nantinya dapat memudahkan pelanggan jika ingin melakukan transaksi isi ulang pulsa, transfer uang maupun aktivitas lainnya dengan mengakses *800# setelah aktivasi produk. TCASH ini juga dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk pembelanjaan dengan diskon hingga 30 persen di Paviliun Indonesia yang diikuti oleh lebih dari 170 UMKM di seluruh wilayah Indonesia, di mana program ini bekerja sama dengan blanja.com.

Selanjutnya di sisi pelayanan, Telkomsel telah menyiapkan tiga GraPARI yang berlokasi di Mal Bali Galeria, Sunset Road dan Renon Denpasar serta dua mini GraPARI di Mengwi dan Bangli, menyiagakan enam mobile GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi strategis. Serta menyiapkan booth layanan di lokasi strategis dan tempat menginapnya para peserta IMF-WB Forum 2018, seperti di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Westin Nusa Dua, Nusa Dua Beach Hotel, Laguna Resort, Melia Bali serta Club Med. 

Khusus di booth AM IMF-WBG  2018, bagi pelanggan Telkomsel yang membeli paket simPATI Tourist Wonderful Indonesia dengan nominal tertentu atau melakukan isi ulang pulsa minimal Rp 25 ribu dan kelipatannya, akan mendapatkan cenderamata menarik dari Telkomsel berupa topi, keychain, pouch, mug, thumbler, Tshirt, dan lain sebagainya.

Semua infrastruktur dan layanan tersebut dikendalikan dan dimonitor di TelkomGroup Integrated Operation Center (TIOC) yang berlokasi di Jakarta dan Bali. Sehingga setiap kemungkinan gangguan akan dapat diantisipasi sedini mungkin.

“Layanan jaringan berkualitas yang disiapkan pada event internasional seperti AM IMF-WBG 2018 ini menunjukkan komitmen Telkom Group dalam membangun ekosistem digital yang mendukung geliat perekonomian Indonesia, sekaligus mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara maju,” demikian pungkas Dian Rachmawan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA