Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

TelkomGroup Sediakan WiFi Gratis di Lokasi Gempa Sulteng

Kamis 04 Oct 2018 02:07 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Gita Amanda

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah

Foto: EPA
Telkom menyediakan akses WiFi gratis di 157 lokasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keterbatasan komunikasi menjadi salah satu kendala utama dalam penanganan gempa Palu dan Donggala karena banyak infrastruktur telekomunikasi yang rusak. Sebagai upaya memenuhi kebutuhan komunikasi warga yang terkena dampak bencana gempa di Sulawesi Tengah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyediakan akses WiFi gratis di 157 lokasi.

Ratusan wifi gratis itu tersebar di Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli dengan SSID TelkomPeduli. Selain wifi gratis, Telkom juga memberikan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah. Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi aparat kepolisian dan relawan saat melakukan koordinasi pascabencana.

Selain itu untuk membantu awak media yang bertugas, TelkomGroup menyediakan Media Center di Kantor Telkom Jalan Moh. Hatta, Palu. Kabid IT Polda Sulteng AKBP M. Haritsuddin pun berterima kasih atas bantuan dan dukungan TelkomGroup selama proses pemulihan jaringan telekomunikasi di Sulteng.

"Saat ini posko-posko yang ada di Palu sudah dilayani dengan akses wifi dan telepon via kabel. Ini sangat memudahkan komunikasi antara posko dan petugas yang ada di lapangan,” ungkap Haritsuddin lewat keterangan resminya, Rabu (3/10).

Haritsuddin juga mengapresiasi TelkomGroup atas bantuan 1.000 kartu Simpati. Menurutnya kartu tersebut akan sangat membantu aparat keamanan yang sedang bertugas di lapangan. Bantuan dari Telkom juga akan memudahkan koordinasi dan pelaporan antar petugas di lapangan maupun petugas dengan posko.

Direktur Network and IT Solution (NITS) Telkom Zulhelfi Abidin menyadari layanan komunikasi sangat penting saat kondisi bencana seperti ini. Khususnya untuk memberi kabar kepada keluarga, koordinasi SAR, BNPB, TNI-Polri, relawan, maupun update kondisi terkini wilayah bencana bagi pihak-pihak berkepentingan.

"Kami terus berupaya untuk secepatnya memulihkan jaringan telekomunikasi,” ujar Zulhelfi di Integrated Operation Center (IOC) Kantor Wilayah Telkom Palu, Sulawesi Tengah, saat memantau langsung upaya recovery jaringan TelkomGroup. TelkomGroup juga menyiapkan fasilitas telepon gratis di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA