Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Telkom Perkenalkan KIPIN ATM untuk Guru

Senin 03 Sep 2018 19:17 WIB

Red: Gita Amanda

 Seorang nasabah menarik uang tunai dari ATM (Ilustrasi)

Seorang nasabah menarik uang tunai dari ATM (Ilustrasi)

Aplikasi ini menunjang guru Indonesia pada abad 21.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Telkom bersama Gratika dan Pendidikan.id memperkenalkan aplikasi "edutech" bernama KIPIN ATM. Ini untuk membantu dan memudahkan para guru beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan di abad 21.

"Ini merupakan revolusi dalam dunia pendidikan Indonesia, karena aplikasi ini menunjang guru Indonesia pada abad 21," kata Public Relations Telkom Regional V Jatim-Bali-Nusra, Ivone Andayani, dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/9).

Aplikasi "edutech" itu diperkenalkan dalam acara bertopik "Pendidikan dan Pelatihan Pembuatan Desain Pembelajaran PKG dan LPD" di Gedung Telkom Mergoyoso, Surabaya Ahad (2/9) lalu. Acara dihadiri 400 guru dari seluruh Surabaya.

"Para guru mengerti bahwa zaman terus berubah, teknologi tidak bisa dihindari, namun harus diadaptasi untuk dimanfaatkan secepatnya guna membantu memajukan pendidikan Indonesia agar tidak tertinggal oleh negara-negara tetangga," katanya.

Dalam acara tersebut diperkenalkan sebuah aplikasi "edutech" bernama KIPIN ATM yang merupakan teknologi digital berkonten edukasi mirip sebuah mesin ATM yang berbentuk simpel, menggunakan teknologi layar sentuh yang tidak memerlukan tombol, keyboard, mouse, drive, port dan lainnya. Semua penggunaannya cukup menggunakan sentuhan ujung jari saja.

KIPIN ATM merupakan sebuah kios pintar digital yang berisi ribuan buku pelajaran sekolah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, 1.000 lebih video pembelajaran kelas, 17.000+ paket soal tryout, dan 150 lebih komik literasi untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang dapat membantu pelajar dalam memperoleh materi pelajaran lengkap agar dapat belajar secara mandiri dengan cara yang modern dan menyenangkan.

"Semua data tersebut bisa diakses tanpa membutuhkan jaringan internet, ini sangat cocok dipasang di lokasi manapun di Indonesia," katanya.

Keunggulan lain yang sangat luar biasa dari sebuah KIPIN ATM adalah semua pengguna, baik guru maupun siswa dapat mengakses materi pelajaran lengkap, kemudian meng-copy data dari KIPIN ATM ke device pengguna tanpa membutuhkan pulsa alias gratis. Sebab di dalam alat ini sudah dilengkapi teknologi jaringan WiFi yang dinamakan "eduSPOT".

Selain itu, kios ini dapat diletakkan di mana saja dengan hanya ketersediaan koneksi listrik. Dengan kata lain, jika listrik tiba-tiba mati, KIPIN masih mampu bertahan digunakan hingga beberapa jam kemudian.

"Dengan adanya teknologi digital ini, diharapkan dapat membantu mempercepat distribusi materi pendidikan ke seluruh Indonesia sehingga tujuan mencerdaskan anak Indonesia untuk memajukan bangsanya di masa depan akan segera terwujud," katanya.

sumber : antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA