Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Senin, 14 Muharram 1440 / 24 September 2018

Pastikan Layanan Tetap Baik, Telkom Siapkan 18 Ribu Personel

Senin 18 Juni 2018 16:59 WIB

Red: Friska Yolanda

Kesiapan Telkom Group hadapi arus mudik dan balik.

Kesiapan Telkom Group hadapi arus mudik dan balik.

Foto: Telkom
Jaringan Telkom siap menghadapi lonjakan trafik pelanggan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyongsong Hari Raya Idul Fitri 2018, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melakukan pengawalan terkait  kesiapan alat produksi serta infrastruktur jaringan dalam rangka antisipasi menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh layanan Telkom Group baik voice maupun data dalam kondisi prima demi memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan dalam aktivitasnya menyambut libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2018. 

Seperti  tahun-tahun sebelumnya, Telkom telah melakukan persiapan dengan membentuk Posko Telkom Group Siaga Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) mulai dari 8 Juni hingga 21 Juni 2018. Posko TelkomGroup Siaga RAFI dilaksanakan dengan skala Nasional maupun Regional sehingga diharapkan dapat segera melakukan penanggulangan atau pemulihan (recovery) apabila terjadi gangguan layanan kepada pelanggan. Personel teknisi lapangan juga disiagakan secara penuh di beberapa kota wilayah layanan.

Di samping kesiapan dari sisi alat produksi dan infrastruktur, juga kesiapan layanan pelanggan di Plaza Telkom, Grapari Telkomsel dan Posko Telkom Group. Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, Telkom memastikan jaringan telah siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama libur Lebaran 2018.

"Dukungan penuh 18.393 Personel yang Siaga selama 7x24 jam dan tersebar di 98 Posko Telkom Group Siaga RAFI 2018 diharapkan dapat menambah rasa nyaman berkomunikasi dan memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan dan seluruh masyarakat yang tengah bersuka cita berlibur bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri, tanpa perlu khawatir mengalami atau merasakan ketidaknyamanan akibat terganggunya layanan komunikasi," ujar Arif.

Arif menambahkan selama masa Ramadhan dan Idul Fitri ini Telkom Group mengawal tiga program. Yakni, Program Layanan Prima (top perform quality of service) yang merupakan komitmen memberikan layanan terbaik di area PREMIUM (Publik, Religius, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds), di samping program Paket Khusus RAFI 2018 dan Telkom Group Berbagi yakni berbagi dengan sesama sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR).

"Jaringan Telkom sudah siap menghadapi lonjakan trafik untuk memberikan pelayanan maksimum kepada masyarakat,” tegas Arif. 

Telkom telah mengantisipasi terjadinya lonjakan lalu-lintas telekomunikasi khususnya untuk layanan data di sepanjang jalur mudik dan daerah-daerah tujuan mudik. Salah satu upayanya adalah dengan memperkuat jaringan di daerah-daerah tujuan mudik tersebut dan juga di lokasi wisata.

Telkom juga menyiagakan layanan tidak kurang dari 368,12 ribu akses poin wifi.id dan Wifi Corner (WiCo) di beberapa titik strategis, seperti di bandara, stasiun kereta api, mal atau lokasi wisata.

"Untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan Digital Indihome, di samping Plaza Telkom kami juga menyiagakan Mobil Indihome (MoBi) yang tersebar di beberapa lokasi-lokasi strategis sehingga  pelanggan merasa nyaman melakukan aktivitas bersama sanak keluarga di rumah," ujar Arif. 

Sementara itu, Telkomsel sebagai anak perusahaan Telkom Group juga telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.  Secara khusus, Telkomsel melakukan peningkatan jaringan di jalur mudik Jawa-Sumatera untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Arif menjelaskan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. "Pada periode tersebut, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI. Kami harapkan pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan mobile broadband secara optimal dan prima," ucapnya.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data yang cukup signifikan dibandingkan hari normal, bahkan peningkatan sekitar 137 persen jika dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan kini didominasi penggunaan layanan data.

Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 171.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Beroperasinya posko TelkomGroup Siaga 247 dan penguatan infrastruktur telekomunikasi tersebut merupakan salah satu wujud komitmen TelkomGroup untuk senantiasa menjaga kualitas layanan telekomunikasi handal guna menciptakan pengalaman terbaik pelanggan dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA