Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Imam Besar Istiqlal Resmikan Smart Mosque Al Istiqomah

Selasa 05 Juni 2018 22:14 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Andi Nur Aminah

Imam Masjid Besar Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) beserta Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) meresmikan Masjid Al Istiqomah yang berada di lingkungan Gedung Telkom Landmark Tower.

Imam Masjid Besar Istiqlal Nasaruddin Umar (kanan) beserta Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) meresmikan Masjid Al Istiqomah yang berada di lingkungan Gedung Telkom Landmark Tower.

Foto: Telkom
Masjid berkapasitas 3.000 jamaah ini dibangun bernuansa digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Masjid Besar Istiqlal Nasaruddin Umar beserta Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) meresmikan Masjid Al Istiqomah yang berada di lingkungan Gedung Telkom Landmark Tower. Peresmian masjid ini merupakan bagian dari kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri TelkomGroup.

Turut hadir dalam peresmian tersebut antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, Human Capital Management Herdy Harman, Komisaris Utama Telkom Hendri Saparini dan Ketua Majelis Taklim TelkomGroup (MTTG) Dedy Mardhianto. Nasaruddin Umar mengapresiasi langkah Telkom yang telah menghadirkan masjid yang cukup megah di lingkungan Telkom Landmark Tower.

"Masjid Al Istiqomah yang bernuansa digital ini diharapkan dapat melahirkan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi ummat dan bangsa," ujarnya saat acara peresmian di Jakarta, Selasa (5/6).

Pada kesempatan tersebut ditanda-tangani juga nota kesepahaman tentang kerja sama Pemanfaatan dan Pengembangan Sumber Daya Guna Mewujudkan Wasathiyyah dalam Kehidupan Beragama Islam di Lingkungan TelkomGroup. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman, Ketua MTTG Dedy Mardhianto, dan Wakil Ketua BPPMI Bahrul Hayat.

Sementara Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga menambahkan Masjid Al Istiqomah dirancang dengan konsep Smart Mosque. Masjid ini memiliki desain yang senada dengan Gedung Telkom Landmark Tower. Mulai dari mulai warna, ornamen dan material dibuat in line dengan konsep Gedung Telkom Landmark Tower.

Masjid berkapasitas sekitar 3.000 jamaah ini akan memanjakan jamaah dengan beragam fasilitas canggih. "Para jamaah dapat mengetahui jadwal kegiatan masjid, ceramah dan jadwal shalat serta kegiatan taklim lainnya melalui Aplikasi Informasi dan Kegiatan Masjid," ucapnya.

Menurutnya, masjid ini juga semakin canggih karena dilengkapi juga dengan fasilitas media sharing interaktif secara online melalui video conference yang tersambung dengan TelkomGroup. Sehingga memungkinkan jamaah melakukan taklim secara interaktif.

Kegiatan masjid pun juga disajikan melalui Video Blogger (Vlog) yang diunggah di YouTube. "Apabila ada jamaah yang ketinggalan ceramah dari narasumber/ustaz favorit, para jamaah masih dapat menyaksikan tayangan ceramah melalui Youtube Masjid Al Istiqomah Telkom Landmark Tower secara lengkap atau bahkan bisa live streaming di USeeTV," ungkapnya.

Adapun hal yang membuat masjid ini berbeda dengan masjid lainnya dengan infaq dengan menggunakan TCASH maupun T-MONEY. Infak tersebut dilakukan melalui scan QR Code yang disediakan di area masjid maupun ditempelkan di kotak amal. Informasi tentang infaq T-CASH maupun T-MONEY tersebut ditampilkan melalui media digital TV maupun LED.

Masjid Al Istiqamah juga dilengkapi dengan Pustaka Digital (PaDi) berisi buku fiqih, buku-buku sunah dan buku-buku lain yang berkenaan dengan agama Islam. Agar pengunjung fokus beribadah dan merasa aman, bangunan masjid ini dipantau dengan CCTV yang beroperasi selama 24 jam nonstop.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA