Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Terpilih Sebagai Presiden Bilbao, Uriarte Bakal Kontrak Pelatih Putra Daerah

Sabtu 25 Jun 2022 13:34 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Ernesto Valverde.

Ernesto Valverde.

Foto: AP/Manu Fernandez
Klub ini memang dikenal sebagai klub yang hanya diperkuat oleh orang asli Bilbao.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde berpotensi turun gunung dalam waktu dekat. Tentu saja ia tidak kembali ke Barca.

Ada Xavi Hernandez di sana. Valverde tampaknya akan membesut Athletic Bilbao. Ini imbas dari pergantian kepemimpinan di klub Basque itu. Valverde sendiri asli dari Bilbao. Jika jadi melatih klub tanah kelahirannya, maka Bilbao akan menjaga tradisi kedaerahan. Athletic Bilbao memang dikenal sebagai klub yang hanya diperkuat oleh pemain-pemain asli atau keturunan Bilbao.

Baca Juga

Jon Uriarte menjadi presiden terbaru Bilbao. Ia mengalahkan dua kandidat lainnya dalam pemungutan suara. Total ia mendapatkan 46 persen suara dari 22 ribu pemilih.

"Salah satu janji kampanye Uriarte adalah membawa Valverde untuk ketiga kalinya sebagai pelatih Bilbao," demikian laporan yang dikutip dari ESPN, Sabtu (25/6).

Sebelumnya sang entrenador pernah membesut Los Leones dalam dua kesempatan. Tepatnya pada 2003 hingga 2005. Kemudian pada 2013-2017.

Valverde belum berbicara terbuka mengenai potensi comebacknya ke San Memes. Kandidat Presiden Bilbao yang lain, Inaki Arechabaleta berjanji mengontrak Marcelo Bielsa. Tapi yang bersangkutan tidak terpilih.

Dengan demikian, kans Bielsa balik lagi ke Los Leones untuk kedua kalinya, mengecil. Valverde di atas angin. Pria 58 tahun itu tak ada ikatan dengan klub mana pun.

"Ia tidak melatih sejak dipecat Barcelona pada Januari 2020," tambah laporan dari ESPN.

Total ia menangani Barca dalam 145 pertandingan. Hitungannya dari berbagai ajang. Selama periode tersebut, ia mengoleksi 97 kemenangan.

Timnya terjungkal di 16 laga. Kemudian 32 partai berkesudahan imbang. Ia meraih semua trofi domestik di Spanyol saat bermarkas di Camp Nou, di antaranya dua gelar La Liga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA