Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

...

Koeman Anggap Kasus Barcagate Coreng Citra Barcelona

Rabu 03 Mar 2021 08:22 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

Foto: Republika.
Koeman berusaha agar kasus itu tak ganggu konsentrasi anak asuhnya di atas lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, akhirnya angkat bicara terkait kasus hukum yang membelit sejumlah mantan petinggi Barcelona, termasuk mantan presiden klub, Josep Maria Bartomeu, dalam skandal yang kerap disebut Barcagate oleh sebagian besar media asal Spanyol. Koeman pun mengaku kecewa dengan penangkapan sejumlah mantan petinggi klub tersebut.

Bartemou, yang mundur sebagai presiden Barcelona pada Oktober 2020, menjadi satu dari empat mantan petinggi Barcelona yang ditahan pihak kepolisian Spanyol pada Senin (1/3) waktu setempat. Selain Bartemou, polisi juga menangkap mantan direktur olahraga, Oscar Grau, dan eks direktur legal Barcelona, Roman Gomez Ponti.

Mereka diduga kuat terlibat dalam kasus Barcagate, yang berpangkal pada kesepakatan Barcelona dengan pihak ketiga untuk menyebarkan kampanye buruk terhadap pihak-pihak yang berseberangan, termasuk para penggawa senior di Barcelona.

Kesepakatan ini dilakukan jajaran direksi Blaugrana pada 2020 lalu. Dalam kasus ini, para petinggi Barcelona itu dinilai melakukan korupsi, maladministrasi, dan penyalahgunaan wewenang. Pun dengan dugaan upaya memperkaya diri sendiri dalam kesepakatan tersebut.

Koeman menyebut, penangkapan para mantan petinggi Barcelona dan adanya investigasi pihak kepolisian terkait kasus Barcagate itu telah mencoreng citra Barcelona sebagai salah satu klub besar di Eropa. ''Hal ini tentu tidak bagus untuk citra dari klub ini,'' ujar Koeman seperti dilansir BBC, Rabu (3/2).

Eks pelatih Valencia itu pun mengaku terkejut saat pertama kali mendengar penangkapan tersebut. Pasalnya, pelatih yang dipercaya menggantikan Quique Setien di kursi pelatih Barcelona pada Agustus 2020 itu menilai, Bartemou dan Grau merupakan sosok yang cukup baik, kendati baru mengenalnya dalam beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA