Jumat 02 Oct 2020 00:38 WIB

Barcelona Resmi Gaet Bintang Muda AS

Dest menjadi pemain asal AS pertama yang direkrut Barcelona.

Sergino Dest (kiri), bek muda Ajax Amsterdam.
Foto: EPA-EFE/OLAF KRAAK
Sergino Dest (kiri), bek muda Ajax Amsterdam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona telah resmi menyelesaikan transfer bek kanan asal Amerika Serikat (AS) Sergino Dest dari Ajax pada Kamis (1/10). Pemain berusia 19 tahun itu menjadi pemain asal AS pertama yang direkrut Barcelona dan dikontrak selama lima tahun.

Ajax menerima 21 juta euro atau sekitar Rp 366 miliar serta potensi tambahan 5 juta euro atau sekitar Rp 87 miliar dari transfer tersebut.

Barcelona menetapkan klausul rilis sang pemain hingga 400 juta euro atau sekitar Rp 6,98 triliun. Dest telah memilih untuk menggunakan nomor punggung 2 di klub barunya tersebut, yang musim lalu dikenakan Nelson Semedo sebelum pindah ke klub Inggris, Wolves.

La Blaugrana harus bersaing dengan Bayern Munchen untuk mendapatkan jasa Dest. Juara Eropa itu sudah dua kali melakukan perjalanan ke Amsterdam demi melakukan pembicaraan meski tidak membuahkan hasil.

Sejumlah narasumber mengatakan kepada ESPN bahwa pelatih Barcelona Ronald Koeman adalah sosok kunci dalam kesuksesan klubnya mengamankan talenta muda tersebut.

Saat Koeman masih melatih timnas Belanda, ia mencoba membujuk Dest untuk membela tim Oranje, tetapi sang pemain lebih memilih bermain untuk Amerika Serikat.

Dest bergabung ke Camp Nou setelah menghabiskan hampir satu dekade bersama Ajax sejak ia menembus tim utama dari akademi klub.

Dest menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ajax pada Desember 2018 dan melakukan debut tim utama pada Agustus 2019. Setelah hanya satu musim di tim utama Ajax, Dest bergabung dengan Barcelona. Ia akan bersaing dengan Sergi Roberto untuk memperebutkan posisi bek kanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement