Selasa 22 Sep 2020 15:27 WIB

Kroos Sebut Ramos Kapten Terbaik

Bagi Kroos, Ramos selalu memberikan contoh.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Dua penggawa Real Madrid, Sergio Ramos dan Toni Kroos.
Foto: EPA/F. Villar
Dua penggawa Real Madrid, Sergio Ramos dan Toni Kroos.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sebagai salah satu gelandang kelas dunia, Toni Kroos malang melintang di sejumlah tim besar. Ia adalah jebolan akademi Bayern Muenchen

Ia meraih segalanya saat menembus tim senior the Bavarian. Pada 2008 hingga 2010, Kroos sempat menjalani masa peminjaman di Bayer Leverkusen. Kini yang bersangkutan memperkuat Real Madrid.

Kroos juga pemain aktif di tim nasional Jerman. Terhitung sejak 2010 silam.

Jelas, ia pernah bermain bersama beberapa sosok pemimpin. Berdasarkan pengalamannya, ia menilai bek Madrid saat ini, Sergio Ramos, kapten terbaik yang pernah dimilikinya.

"Ketika dia mempunyai pendapat, dia mengungkapkannya, untuk kebaikan tim," kata Kroos, menjelaskan gaya komunikasi Ramos, dikutip dari Marca, Selasa (22/9).

Pesepak bola 30 tahun itu mengaku belajar banyak dari palang pintu timnas Spanyol itu. Suara Ramos, menurut Kroos didengar oleh semua orang di El Real.

Juga lewat tindakan. Baik itu di tempat latihan, maupun ketika bertanding. "Sergio memimpin dengan memberi contoh," ujar Kroos.

Pada kesempatan serupa, jagoan Jerman juga mengeluarkan pujian untuk Zinedine Zidane. Ia melihat pelatih Los Blancos itu mampu mengendalikan segala sesuatu.

Termasuk mengelola grup dengan kumpulan pemain bintang. Tentu bukan sesuatu yang mudah. 

Zidane, lanjut dia juga memiliki keunggulan dari sisi latar belakang. Sebelum menjadi arsitek, Zizou pemain terbaik di generasinya.

"Dia dulunya pemain hebat, dan saat ini dia menerapkan pengetahuannya dengan cara yang sangat baik," ujar Kroos.

Sudah tujuh musim Kroos membela Real Madrid. Sejauh itu, ia tampil dalam 279 laga di berbagai ajang, dan mencetak 19 gol.

Ia nyaris mendapatkan segalanya dalam balutan kostum si putih. Hanya trofi Copa del Rey yang belum diraihnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement