Rabu 17 Jun 2020 00:22 WIB

Setien Bakal Rotasi Pemain di Laga Kontra Leganes

Jadi akan ada perubahan susunan pemain di laga-laga berikutnya.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Barcelona Quique Setien.
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Pelatih Barcelona Quique Setien.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengungkapkan bakal melakukan rotasi pemain di skuat Blaugrana kala menerima lawatan Leganes pada jornada ke-29 La Liga, Rabu (16/6) dini hari WIB. Kebijakan rotasi pemain ini menjadi strategi Setien agar para penggawa Barcelona bisa terus berada dalam kondisi optimal di sisa La Liga musim ini.

Saat menghempaskan Mallorca, 4-0, akhir pekan lalu, Setien menurunkan Ronald Araujo, Arturo Vidal, dan Martin Braithwaite sebagai starter. Namun, di laga kontra Leganes, Setien dikabarkan bakal mengistirahatkan tiga pemain tersebut. Kendati begitu, sejumlah pemain, seperti Marc-Andre Stegen, Gerard Pique, Lionel Messi, dan Antoine Griezman disebut-sebut akan tetap menghuni starting line up Barca di laga kontra Leganes.

''Idenya adalah terus melakukan perubahan. Jadi akan ada perubahan susunan pemain di laga-laga berikutnya. Kami harus melihat bagaimana kompetisi musim ini berjalan dan seberapa cepat pemain bisa pulih. Kami mesti bisa memperkecil resiko cedera pemain dan berharap para pemain bisa segar di tiap laga,'' kata Setien seperti dikutip Marca, Selasa (16/6).

Selain Araujo, Vidal, dan Braithwaite, Setien juga dikabarkan melakukan perubahan di starting line up Barcelona. Di pos bek kiri, Jordi Alba akan memberikan kesempatan pada Junior Firpo. Sementara Nelson Semedo, Clement Lenglet, atau Samuel Umtitti, bisa menggantikan Araujo dan Sergi Roberto.

Kebijakan Setien untuk menerapkan rotasi pemain di laga kontra Leganes pun cukup beralasan, terlebih Barcelona bakal melakoni laga berat pada jornada ke-30, akhir pekan ini. Di laga itu, Barcelona dijadwalkan melakoni laga tandang ke markas penghuni peringkat ketiga klasemen sementara, Sevilla, di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Kendati Barcelona diunggulkan bisa memetik tiga poin dalam lawatan Leganes, tapi Setien tidak mau sesumbar dan tetap mewaspadai kejutan yang bisa dihadirkan Leganes di laga tersebut. Berada di peringkat ke-19, Leganes bertekad untuk bisa mencuri poin demi bisa beranjak dari zona degradasi. Motivasi Leganes inilah yang menjadi pangkal kewaspadaan Setien.

''Kemungkinan besar laga itu tidak akan berjalan dengan mudah. Buat Leganes, ini menjadi kesempatan mereka merai poin penuh untuk bisa keluar dari zona degradasi. Namun, kami juga membutuhkan tiga angka demi bisa mempertahankan keunggulan di puncak klasemen sementara,'' kata eks pelatih Real Betis tersebut.

Kemenangan 4-0 atas Mallorca menjadi awal apik Barcelona pasca penghentian sementara La Liga akibat pandemi Covid-19. Kemenangan itu pun mengantarkan Barcelona mempertahankan keunggulan dua poin atas rival terdekatnya, Real Madrid, di papan klasemen sementara La Liga. Barcelona berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 61 dari 28 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement