Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Bungkam Roma, Juventus Perbaiki Posisi di Klasemen Sementara

Senin 18 Oct 2021 04:04 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Moise Kean merayakan golnya pada menit ke-16 dan menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama Juventus kontra Roma pada giornata kedelapan Serie A, Senin (18/10) dini hari WIB.

Moise Kean merayakan golnya pada menit ke-16 dan menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama Juventus kontra Roma pada giornata kedelapan Serie A, Senin (18/10) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Gol semata wayang Moise Kean mengantarkan Juventus bungkam AS Roma, 1-0

REPUBLIKA.CO.ID,  TURIN -- Juventus kian mendekat ke papan atas klasemen sementara Serie A. Gol semata wayang Moise Kean mengantarkan I Bianconeri membungkam AS Roma, 1-0, pada giornata kedelapan, Senin (18/10) dini hari WIB. 

Tiga poin di laga ini membawa Si Nyonya Tua merangsek ke peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Italia. Sebelum laga yang digelar di Stadion Allianz, Turin, tersebut, I Bianconeri tercecer di peringkat kesembilan dengan 11 poin dari tujuh laga. 

Kini, dengan koleksi 18 poin dari delapan partai, Juventus hanya terpaut satu poin dari posisi empat besar klasemen sementara Serie A musim ini. Dengan kemenangan ini, tim besutan Massimiliano Allegri itu juga menjaga tren positif kemenangan setelah memetik empat kemenangan beruntung sebelum jeda internasional, dua pekan lalu. 

Di sisi lain, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Roma tertahan di peringkat keempat dengan raihan 15 angka dari delapan laga. Roma mencoba menggebrak pertahanan Juventus pada awal laga. Henrikh Mkhtaryan dan Nicolo Zaniolo bergantian untuk bisa membongkar pertahanan I Bianconeri. 

Tammy Abraham pun begitu lincah dalam mencari ruang kosong dan bersiap memanfaatkan sodoran umpan dari lini tengah. Bahkan, pada 10 menit awal laga, Roma melepaskan lima tembakan dengan satu tembakan tepat mengarah ke gawang. Namun, justru tim tuan rumah yang mampu mencetak gol terlebih dahulu. 

Baca juga : Ini Dua Langkah Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

Serangan yang dibangun Juventus dari sisi kanan pertahanan AS Roma berbuah maksimal. Mattia De Sciglio yang dipercaya mengawal sisi kiri permainan Juventus melepaskan umpan ke tiang jauh. 

Umpan itu disambar oleh Rodrigo Bentancur. Bola hasil sundulan gelandang asal Uruguay itu terlihat sempat menyentuh kepala Moise Kean sebelum akhirnya berubah arah dan masuk ke dalam gawang I Lupi. 

Juventus pun unggul saat laga menginjak menit ke-16 dan baru mengemas dua kali tembakan ke gawang Roma. Gol Juventus itu tercatat atas nama Kean. Dengan modal keunggulan tersebut, I Bianconeri tampil sedikit lebih tenang dalam upaya mengendalikan permainan. 

Di sisi lain, Roma terus berupaya menyamakan kedudukan. Pada menit ke-41, wasit memberikan hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah. Kiper Juventus, Wojciech Szczesny, dinilai melakukan pelanggaran terhadap Mkhtaryan. Gelandang serang asal Armenia itu berupaya memanfaatkan bola rebound dari peluang Abraham. 

Namun, Szczesny membayar kesalahannya tersebut. Kiper asal Polandia itu sukses mengagalkan eksekusi penalti Jordan Veretout. Skor, 1-0, pun bertahan hingga babak pertama usai. Babak kedua baru berjalan lima menit, para penggawa AS Roma sudah mengajukan protes kepada wasit. 

Para penggawa Roma meminta wasit memberikan hadiah penalti kedua usai Giorgio Chiellini dianggap menendang kaki Lorenzo Pellegrini. Namun, setelah mendapatkan hasil review VAR, wasit memutuskan melanjutkan laga. 

Sepuluh menit berselang, Veretout menemukan celah dan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Kendati begitu, bola sepakan gelandang asal Prancis itu masih melebar di sisi kanan gawang I Bianconeri. 

Pada pertengahan babak kedua, giliran tim tuan rumah yang mendapatkan peluang. Sepakan mendatar Federico Bernadeschi dari luar kotak penalti terlihat mengarah ke pojok kiri bawah gawang Roma. 

Seperti halnya sepakan Veretout, bola hsail dari tendangan Bernadeschi itu melebar dan hanya berjarak beberapa inci dari gawang Roma. Akhirnya setelah berbagai upaya Roma untuk bisa mencetak gol dan usaha Juventus mempertahankan keunggulan pada babak kedua, skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan hingga laga usai. 

Susunan Pemain 

Juventus (4-4-2) Pelatih: Massimiliano Allegri Kiper: Szczesny; Belakang: Danilo, Bonucci, Chiellini, De Sciglio; Tengah: Cuadrado, Bentancur, Locatelli, Bernardeschi; Depan: Chiesa, Kean 

AS Roma (4-2-3-1) Pelatih: Jose Mourinho Kiper: Rui Patricio; Belakang: Karsdorp, Mancini, Ibanez, Vina; Tengah: Cristante, Veretout; Zaniolo, Pellegrini, Mkhitaryan; Depan: Abraham

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA