Senin 30 Nov 2020 13:37 WIB

Usai Bantai AS Roma, Gattuso Puji Kekompakan Jugador Napoli

Sangat penting bermain dengan karakter dan mentalitas yang tepat secara konsisten.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO BAT
Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Napoli meraih hasil impresif pada giornata kesembilan Serie A Italia musim 2020/2021. Partenopei menjinakkan AS Roma.

Grande Partita ini berlangsung di Stadion San Paulo, Napoli, Senin (30/11) dini hari WIB. Tuan rumah unggul telak 4-0.

Lantas apa yang keluar dari mulut pelatih skuat biru-langit, Gennaro Gattuso? Jelas, pertama-tama ia bangga.

"Kami harus bermain dengan intensitas seperti ini, di setiap pertandingan," kata Gattuso kepada Sky, dikutip dari Tribal Football.

Kegairahan juga terasa di luar lapangan, baik di bus rombongan maupun di kamar ganti. Menurut sang arsitek tim, hal-hal seperti ini sangat penting untuk dipertahankan.

Gattuso menyukai apa yang ditunjukkan pasukannya. Mengapa Napoli begitu trengginas?

Satu yang pasti, klub asal Italia Selatan itu sedang dalam pekan emosional. Itu karena legenda hidup klub, Diego Maradona, baru saja meninggal dunia.

Apakah efek simpati pada Maradona membuat awak Partenopei berdarah-darah di lapangan? Gattuso hanya menceritakan apa yang dilihatnya.

Gattuso memiliki jawaban tersendiri, mengapa Dries Mertens dkk membuat Roma tak berdaya. "Ketika ada kesalahan dari rekan setim, mereka saling membantu satu sama lain," ujar dia menjelaskan penyebab kekompakan timnya.

Pada intinya, Gattuso memahami, tak ada yang bisa tampil 100 persen di setiap pertandingan. Tapi minimal, sangat penting bermain dengan karakter dan mentalitas yang tepat secara konsisten.

Itu yang terkadang masih menjadi pekerjaan rumahnya dalam menangani Napoli. Sementara dari segi teknis, ia tak meragukan kemampuan anak asuhnya.

"Saya melihat mentalitas sebagai permasalahan di sini. Kami perlu menemukan keseimbangan dalam memainkan sepak bola yang bagus, tetapi sebagai sebuah tim," jelas Gattuso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement