Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Maguire: Kesalahan adalah Bagian dari Permainan

Selasa 27 Sep 2022 17:02 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pemain timnas Inggris Harry Maguire.

Pemain timnas Inggris Harry Maguire.

Foto: AP/Antonio Calanni
Maguire melakukan blunder dalam pertandingan Inggris vs Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Harry Maguire kembali menjadi bulan-bulanan dan sasaran kritik usai Inggris memetik hasil imbang, 3-3, kala menjamu Jerman di laga pamungkas penyisihan Grup A3 UEFA Nations League, Selasa (27/9) dini hari WIB. Blunder fatal bek tengah Manchester United (MU) itu berujung pada gol pembuka Jerman di laga tersebut. 

Maguire, yang ditempatkan di sebelah kiri dalam formasi tiga bek, melakukan kesalahan fatal saat berusaha mengoper bola ke sebelah kiri. Bola berhasil direbut oleh winger Jerman, Jamal Musiala. Gagal menghentikan laju Musiala, Maguire melakukan tekel keras yang berujung penalti buat Jerman. Ilkay Gundogan yang dipercaya menjadi eksekutor tendangan penalti itu berhasil membawa Die Mannschaft membuka keunggulan tim tamu pada menit ke-52. 

Baca Juga

Meski sempat berbalik unggul, the Three Lions akhirnya menutup laga di Stadion Wembley itu dengan skor imbang, 3-3. Blunder Maguire ini pun menjadi salah satu sorotan dalam laga tersebut. 

Keputusan pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, untuk tetap memberikan kepercayaan kepada Maguire dinilai sebagai keputusan keliru. Pasalnya, Maguire tengah mengalami penurunan performa. 

Pemain bertahan termahal sejagat itu pun terlempar dari tim inti MU pada musim ini seiring dengan kehadiran Lisandro Martinez. Total, Maguire baru mengemas lima penampilan di semua ajang pada musim ini. 

Bek tengah berusia 29 tahun itu dianggap tidak berada dalam kondisi terbaik untuk bisa tampil memperkuat Inggris. Atas kesalahan di laga kontra Jerman tersebut, Maguire pun mengungkapkan permohonan maaf dalam sebuah unggahan di akun media sosialnya, beberapa jam setelah laga tersebut.

Kesalahan, tutur Maguire, merupakan hal lumrah dalam pertandingan. Eks bek Leicester City itu pun menyoroti keberhasilan The Three Lions berbalik unggul di laga tersebut. Kemampuan ini, ujar Maguire, dapat menjadi modal besar Timnas Inggris dalam menatap putaran final Piala Dunia 2022, pertengahan November mendatang. 

"Kesalahan adalah bagian dari permainan, saya memohon maaf. Semangat dan kemampuan berhasil membawa kami bersaing di laga itu. Ambil hal positif dan bersiap menuju Qatar. Periode sulit ini akan membuat kami semakin kuat," kata Maguire seperti dilansir Mirror, Selasa (27/9/2022). 

Meski kerap melakukan blunder dan mengalami penurunan performa di level klub, Maguire bisa dibilang menjadi pemain kesayangan Southgate. Alumni tim junior Sheffield United itu hanya satu kali absen dari enam laga yang dilakoni Inggris di pentas UEFA Nations League musim ini. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA