Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Lima Akademi Ini Produksi Bintang Muda Inggris

Selasa 26 Oct 2021 11:48 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Phil Foden, pemain andalan Manchester City yang berasal dari akademi City.

Phil Foden, pemain andalan Manchester City yang berasal dari akademi City.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Akademi klub-klub Inggris mulai menyumbang pemain berkualitas untuk timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sepak bola Inggris bisa dibilang tengah berada di level atas. Acuannya langkah tim nasional di turnamen-turnamen besar dan Liga Primer Inggris yang sangat kompetitif.

Salah satu yang menghubungkan semua hal positif adalah masuknya individu-individu berbakat selama beberapa tahun terakhir. Sebagian mereka datang dari akademi muda klub-klub lokal.

Baca Juga

The Three Lions membanggakan dengan memiliki skuad termuda kedua di Euro 2020 dengan bintang-bintang sepperti Phil Foden, Bukayo Saka, dan Jude Bellingham. Tidak mengherankan pelatih Gareth Southgate sudah memberi mereka kesempatan mentas di level tertinggi.

Namun pujian pada akhirnya harus ditujukan kepada akademi klub-klub Inggris yang akhir-akhir ini kerap menghasilkan sejumlah bintang muda. Berikut ini lima akademi klub Inggris yang menghasilkan bintang-bintang The Three Lions, seperti dilansir dari Daily Star, Selasa (26/10):

Liverpool 

Bintang muda paling menonjol akademi Liverpool saat ini sudah pasti Trent Alexander-Arnold. Pemain berusia 23 tahun itu menuntut ilmu di akademi Liverpool dari 2004 sampai 2016 sebelum menjadi bek kanan pilihan utama pelatih Juergen Klopp.

Alexander-Arnold bisa dikatakan salah satu bek kanan terbaik di Eropa saat ini. 

Berikutnya ada pemain berusia 20 tahun Curtis Jones yang menembus tim utama musim lalu. Ia tampil dalam 53 laga meski Liverpool dihuni sejumlah bintang. Selanjutnya ada Neco Williams. Namun Neco punya tugas berat karena harus bersaing di posisi sama dengan Alexander-Arnold.

Manchester United

Akademi Manchester United pernah sangat termasyhur pada masa lalu dengan Closs of '92 mereka yang menjadi tulang punggung Setan Merah dan timnas Inggris. Namun selepas itu tak ada sosok spesial muncul.

Barulah pada 2016 muncul sosok Marcus Rashford. Scott Mc Tominay dan Dean Henderson juga menjelma menjadi pemain yang menonjol. Terbaru adalah Mason Greenwood. Penyerang 20 tahun ini sudah menembus timnas Inggris. Namun menit bermainnya berkurang musim ini karena lini depan MU disesaki pemain bintang kelas dunia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA