Senin 25 Oct 2021 11:44 WIB

Mohamed Salah Jadi Pemain Afrika Tersubur di Liga Primer

Mohamed Salah menyalip torehan gol Didier Drogba bersama Chelsea.

 Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United.
Foto: AP/Rui Vieira
Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mohamed Salah menuliskan sejumlah catatan baru dalam kariernya di lapangan hijau selepas kemenangan Liverpool 5-0 atas Manchester United di Old Trafford, Ahad (24/10). Salah satunya adalah menjadi pemain Afrika dengan gol terbanyak dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Pemain internasional Mesir itu berangkat ke Old Trafford dengan koleksi 103 gol, satu lebih sedikit dari mantan ujung tombak Chelsea Didier Drogba. Namun tiga gol ke gawang David De Gea membuat Salah menyalip legenda sepak bola Pantai Gading tersebut. 

Baca Juga

Dengan keunggulan 2-0 Liverpool di Old Trafford, Salah mencetak gol pertamanya pada menit ke-38 untuk menyamai gol Drogba sebelum menyalipnya dengan tendangan terakhir di babak pertama untuk membawa timnya unggul 4-0. Dia menambahkan gol kelima pada menit ke-50.

Rekor lain yang juga dicatatkan Salah adalah pemain pertama yang mencetak hattrick ke gawang MU di Old Trafford dalam sejarah Liga Primer.

Salah hanya mencetak satu gol dalam 13 penampilan saat di Chelsea pada 2014, tetapi sisanya datang sejak ia kembali ke sepak bola Inggris untuk menandatangani kontrak dengan Liverpool pada 2017.

Salah memenangkan Sepatu Emas Liga Primer dengan rekor 32 dalam musim penuh pertamanya di liga pada 2017/2018 .

Salah membantu Liverpool memenangkan gelar pertama pada era Liga Primer musim 2019-20, mengakhiri 30 tahun tanpa dinobatkan sebagai juara Inggris.

Drogba, yang menikmati dua periode bermain di Chelsea dari 2004 hingga 2012 dan 2014-15, memenangkan Sepatu Emas pada dua kesempatan (2006-07 dan 2009-10) dan empat kali juara Liga Primer. 

Salah, 29, masih terpaut jauh dari pemain depan Blackburn Rovers dan Newcastle United Alan Shearer, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Primer dengan 260 gol. Sementara mantan penyerang Manchester City Sergio Aguero adalah pencetak gol terbanyak non-Eropa dengan 184 gol.

Rekan satu tim Salah di Liverpool, Sadio Mane adalah pemain Afrika dengan catatan gol tertinggi berikutnya dengan 100 gol, termasuk 21 gol saat membela Southampton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement