Sabtu 05 Dec 2020 20:30 WIB

Babak Pertama, Burnley 1-1 Everton

Everton menyamakan kedudukan pada pengujung babak melalui gol Dominic Calvert-Lewin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin saat menghadapi Burnley.
Foto: EPA-EFE/Clive Brunskill
Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin saat menghadapi Burnley.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Burnley unggul lebih dulu saat menjamu Everton pada laga pekan ke-11 Liga Primer Inggris di Stadion Turf Moor, Sabtu (5/12) malam.  Tim asuhan Sean Dyche memimpin dengan cepat melalui gol Robbie Brady pada menit ketiga. Namun Everton berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir melalui gol Dominic Calvert-Lewin.

Tim tuan rumah memberikan inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai. Burnley pun berhasil mencuri gol dengan cepat saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Gol pembuka itu diciptakan oleh Robbie Brady dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16, memanfaatkan sodoran Ashley Westwood. Burnley unggul sementara 1-0 atas Everton.

Baca Juga

Pada menit ketujuh, James Rodriguez berusaha memberikan ancaman dari luar kotak 16 saat menerima operan dari Abdoulaye Doucoure. Namun, percobaan itu masih dapat diblokir pertahanan tuan rumah. Burnley berbalik kembali menciptakan peluang pada menit ke-10 melalui Chris Wood dari bagian tengah kotak 16. Namun, peluang itu masih dapat digagalkan.

Tiga menit berselang, tim tamu kembali memberikan ancaman. Peluang emas itu dimiliki Calvert-Lewin dari jarak yang sangat dekat, tapi bola masih bisa diselamatkan di bagian tengah gawang. Pada menit ke-18, giliran Richarlison dengan tendangan kaki kirinya. Namun, peluang itu pun belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-22, Josh Brownhill hampir menggandakan keunggulan bagi Burnley. Namun tendangan kaki kanannya dari luar kotak 16 masih meleset ke bagian kiri gawang. Skor masih bertahan 1-0 untuk tuan rumah meskipun Everton lebih unggul dalam penguasaan bola dan tembakan.

Selanjutnya Andre Gomes gagal memaksimalkan umpan dari tendangan sudut di menit ke-31. Tembakannya dari luar kotak 16 masih meleset ke sisi kiri gawang. Everton sejauh ini sudah mengemas lima tembakan ke gawang, dengan hanya dua yang tepat sasaran.

Everton akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Calvert-Lewin dengan tembakan kaki kanan saat menerima assist dari Richarlison pada menit ketiga injury time babak pertama. Skor bertahan 1-1 hingga turun minum.

Starting XI kedua tim:

Burnley: Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Taylor; Brady, Westwood, Brownhill, McNeil; Wood, Rodriguez.

Everton: Pickford; Godfrey, Mina, Keane; Iwobi, Doucoure, Allan, Delph; Rodriguez, Calvert-Lewin, Richarlison.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement