Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Rio Ferdinand Puji Mentalitas Liverpool

Kamis 26 Nov 2020 22:03 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand

Foto: REUTERS/Edgar Su
Liverpool bisa mempertahankan performa apik di lini belakang meski tanpa Van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mantan bek tengah sekaligus kapten Manchester United (MU), Rio Ferdinand, memuji mentalitas Liverpool saat dipastikan kehilangan Virgil van Dijk akibat cedera anterior cruciate ligament (ACL). The Reds masih mampu menjaga performa pertahanannya dengan sangat baik, meski kehilangan salah satu penggawa andalan di jantung pertahanan.

Van Dijk, bek tengah asal Belanda, itu mengalami cedera ACL pada lutut kanan usai ditabrak kiper Everton, Jordan Pickford, di edisi perdana derbi Merseyside pada pentas Liga Primer Inggris musim ini, pertengahan bulan lalu. Van Dijk pun diprediksi baru bisa kembali merumput pada akhir musim.

Namun, alih-alih mengalami kesulitan kala ditinggal Van Dijk, the Reds justru bisa mempertahankan performa apik di lini belakang. Dari delapan laga sejak ditinggal Van Dijk, Liverpool memetik enam kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Di delapan laga di semua ajang tersebut, gawang the Reds hanya kebobolan total lima gol.

''Performa pertahanan mereka justru meningkat saat kehilangan Van Dijk. Ini soal menciptakan mentalitas yang tepat. Mentalitas yang menciptakan lingkungan di mana mereka percaya tidak akan mengalami kesulitan, meski salah satu penggawa andalan mereka absen. Mereka juga berupaya membuktikan, prediksi dan penilaian berbagai pihak salah terkait dampak absennya Van Dijk di performa lini belakang mereka,'' kata Ferdinand kepada BT Sports, Kamis (26/11).

Kendati begitu, Ferdinand meragukan keseriusan Tthe Reds dalam upaya mendatangkan Timo Werner dari RB Leipzig pada bursa transfer awal musim ini. Keraguan Ferdinand ini berpangkal pada performa apik rekrutan teranyar Liverpool, Diogo Jota, pada musim ini.

Sebelumnya, pada saat itu, Liverpool memang begitu santer dikabarkan bakal segera mendaratkan penyerang asal Jerman tersebut. Bahkan, Werner disebut-sebut telah sepakat bergabung dengan the Reds dan bekerja sama dengan pelatih Juergen Klopp. Namun, the Reds ternyata mundur dari negosiasi perekrutan Werner. Striker timnas Jerman itu akhirnya memilih bergabung bersama Chelsea.

Kegagalan mendapatkan Werner ini langsung digantikan Liverpool dengan merekrut winger Wolverhampton Wanderers, Diogo Jota. Winger asal Portugal itu ditebus dari Wolves dengan nilai transfer mencapai 41 juta poundsterling. Jota pun langsung tampil apik dengan mengemas delapan gol dari 12 laga awalnya bersama the Reds pada musim ini.

''Pertanyaan terbesar saya adalah apakah mereka benar-benar serius untuk mendatangkan Werner pada awal musim ini. Kesepakatan perekrutan Jota ke klub itu tercapai dalam waktu yang relatif cepat dan mereka sepertinya senang dengan kepindahan tersebut,'' kata Ferdinand.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA