Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Sinar Alexis yang Belum Juga Kembali

Kamis 21 Mar 2019 09:03 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez

Foto: Laman resmi Manchester United
Alexis Sanchez tak mampu menunjukan kualitas di Old Trafford.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Anggoro Pramudya

 

Kiprah Alexis Sanchez bersama Manchester United (MU) sepertinya sudah habis dimakan waktu. Bahkan, klaim tersebut sudah lebih dahulu datang pada musim lalu, saat sang bomber kehilangan tajinya sejak merapat ke Theater of Dreams.

Pada paruh pertama Liga Primer Inggris 2017/2018, Sanchez mencetak tujuh gol dan tiga assist dari 19 pertandingan. Ketika pindah dan memperkuat MU pada musim dingin 2018, Sanchez hanya mencetak dua gol dan tiga assist dari 12 laga.

Performa tak kalah melempem ditunjukkan Sanchez pada musim 2018/2019. Attacante asal Cile tersebut baru mengemas dua gol dan empat assist bagi MU dalam semua ajang. Tentu hasil itu merupakan catatan sumbang bagi pemain 30 tahun tersebut selama kariernya.

Sebelumnya, Sanchez pernah berdalih bawha kesulitannya merobek jala lawan saat berkostum MU merupakan faktor proses adaptasi permainan di Old Trafford. "Saya pikir, dalam beberapa pertandingan yang saya mainkan, saya kesulitan karena harus beradaptasi dengan gaya bermain tim (MU)," ucapnya, beberapa waktu lalu.

Alibi itu masih bisa dimaklumi pendukung Setan Merah. Pasalnya, ketika dia masih memperkuat Arsenal di bawah kepemimpinan Arsene Wenger, the Gunners bermain dengan pola menyerang dan mengandalkan umpan-umpan pendek. Hal berbeda terjadi di bawah kuasa Jose Mourinho saat melatih MU.

Laga demi laga berlalu hingga memasuki tahun baru yang berujung pada pemecatan Mourinho akhir Desember 2018. Tampuk kekuasaan MU diambil oleh pelatih interim, Ole Gunnar Solskjaer. Hasilnya, MU lari kencang dengan tak terkalahkan hingga dua bulan terakhir.

Namun, tak ada yang berbeda pada diri dan permainan Sanchez. Ia tetap menjadi pemain yang kerap mejeng di bangku cadangan dan hanya memainkan laga sebagai pemain pengganti. Paling vital adalah striker bertinggi badan 1,69 cm itu tak mampu menambah pundi-pundi golnya.

Alhasil, kondisi itu membuat manajemen MU, khususnya pelatih Solskjaer, siap melego sang pemain pada jendela transfer musim panas nanti. The Red Devils dinilai lebih ingin mendatangkan pemain muda yang memiliki bakat hebat.

Dirumorkan begitu, Sanchez langsung menegaskan bahwa dirinya siap memberikan yang terbaik bagi Setan Merah, sekaligus menepis anggapan miring tersebut. "Saya ingin menunjukkan rasa cinta saya kepada sepak bola. Saya tahu apa yang saya bisa lakukan dan yakin dengan kemampuan saya," kata Sanchez menegaskan, dilansir Mundo Deportivo, Rabu (20/3).

Tak ingin dipandang sebelah mata, eks pemain Arsenal dan Barcelona itu bertekad memberikan trofi kepada fan MU. Ia pun masih kerasan untuk tetap berada di Old Trafford.

Di sisi lain, beberapa klub elite Eropa seperti Juventus dan Barca kabarnya bersedia menampung sang pemain meski sihir Sanchez telah menghilang. //Daily Mail//, Rabu (20/3), mengklaim juara bertahan Italia, Juventus, siap menggelontorkan dana demi membawa Sanchez ke Allianz, Turin.

Manajemen Bianconeri bermimpi menduetkan Sanchez dengan Cristiano Ronaldo di lini depan. Meski demikian, Calciomercato menilai si Nyonya Tua memiliki persyaratan khusus untuk mendatangkan Sanchez.

Sumber tersebut menjelaskan bahwa Sanchez harus bersedia menurunkan upahnya sebesar 500 ribu pound per pekan yang diterima ketika berada di Old Trafford. Pasalnya, selain usia dan performa Sanchez yang telah merosot, Juve enggan membayarnya dengan gaji melangit.

Terlebih, si Nyonya Tua sudah mengeluarkan gaji besar untuk Ronaldo dan Dybala. Selain itu, Juve juga membayar mantan rekan setim Sanchez di Arsenal, yakni Aaron Ramsey, sebesar 400 ribu pound per pekan ketika ia bergabung pada musim panas nanti.

Panggung sepak bola Italia bukanlah hal baru bagi Sanchez. Pasalnya, sebelum berseragam Barca pada 2011, Sanchez pernah tiga musim membela panji Udinese.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA