Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Proses Izin untuk Liga 1 Masih Terus Diurus di Kepolisian

Ahad 04 Dec 2022 23:17 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi

David Da Silva berduel di udara pada laga BRI Liga 1 Indonesia antara Persib Bandung melawan Barito Puttra di Stadion GBLA Bandung, Jumat (16/9/2022). Hingga babak pertama berakhir kedudukan sementara 4-0 untuk Persib Bandung.

David Da Silva berduel di udara pada laga BRI Liga 1 Indonesia antara Persib Bandung melawan Barito Puttra di Stadion GBLA Bandung, Jumat (16/9/2022). Hingga babak pertama berakhir kedudukan sementara 4-0 untuk Persib Bandung.

Foto: REPUBLIKA/YOGI ARDHI
Tim-tim liga 1 sudah bertolak ke Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk bersiap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hajatan sepak bola terakbar di Indonesia menemukan titik terang. Terbaru, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan gelaran tersebut bakal berlangsung dengan format bubble dan tanpa kehadiran penonton.

Setelah sempat terhenti karena Tragedi Kanjuruhan, Malang beberapa bulan lalu. PT LIB menyebut sejauh ini proses terkait kelanjutan Liga 1 masih menunggu izin dari kepolisian.

Baca Juga

"Saat ini, proses perizinan dan rekomendasi dari pihak kepolisian terus kami lakukan secara intensif," demikian keterangan Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, akhir pekan ini.

PT LIB berencana untuk memutar sisa putaran pertama Liga 1 dari pekan ke-12 hingga pekan ke-17 secara bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Nantinya gelaran kulit bundar akan dihelat Stadion Sultan Agung di Bantul, Stadion Maguwoharjo di Sleman, Stadion M. Soebroto di Magelang, Stadion Manahan, Solo pun Stadion Jatidiri yang berlokasi di Semarang.

Akan tetapi sebelum menerbitkan keputusan lanjutan bergulirnya kompetisi Liga 1. Pihak PT LIB mesti bersinergi dengan elemen terkait demi memastikan berbagai aspek penting.

Praktis tim Mabes Polri serta Kementerian PUPR melakukan tinjauan secara langsung ke lima stadion yang akan digunakan. Tujuan kedatangan tim khusus untuk memastikan sistem manajemen pengamanan, dalam penilaian risiko sesuai dengan Peraturan Polri (Perpol) No. 10 Tahun 2022.

Ferry Paulus menambahkan, semua laga lanjutan putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022/2023 masuk dalam pengawasan Polri. 

"Rekomendasi dan perizinan dari Polsek, Polres, Polda sampai dengan Mabes Polri sangat penting. Kami patuh dan taat terhadap izin dan ketentuan yang ada," sambung Ferry Paulus.

Mengacu dalam ketentuan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga mengamanatkan, mekanisme perizinan saat ini adalah per pertandingan dan dilaksanakan secara struktural mulai dari Polsek, Polres, Polda, dan Mabes Polri.

Sedangkan tim PUPR ditugaskan untuk melakukan pengecekan serta kelayakan suatu stadion dalam menggelar acara olahraga sepak bola.

Di sisi lain, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan apabila tim-tim liga 1 sudah bertolak ke Jawa Tengah dan Yogyakarta demi mempersiapkan kondisi mereka jelang lanjutan liga.

"Ya tim-tim yang bermain sudah berangkat ke sana. Terkait dokumen perizinan kami masih menunggu dan terus berkomunikasi," kata Sudjarno.

Setelah mempertimbangkan kondisi semua kontestan Liga 1, LIB mengajukan perizinan. Dalam perizinan itu untuk putaran pertama dimulai pada 5 Desember dan berakhir pada akhir bulan Desember 2022.

Jadwal pekan ke-12 pada Senin (5/12) akan meliputi sembilan laga menampilkan empat partai termasuk PSM Makassar versus Persikabo, Persita Tangerang kontra Bali United.

Persija Jakarta baru akan bermain pada Selasa, (6/12/2022) melawan wakil asal Kalimantan Borneo FC. Pun, Persib Bandung tampil paling akhir melawan Persik Kediri. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA