Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Liga 1: Persikabo Sukses Amankan Poin Penuh dari Persebaya

Senin 25 Jul 2022 22:35 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Pesepakbola Persikabo 1973 Syahrul Lasirani (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Persebaya Sho Yamamoto (kanan) dalam laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Pesepakbola Persikabo 1973 Syahrul Lasirani (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Persebaya Sho Yamamoto (kanan) dalam laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Persikabo mengalahkan Persebaya 1-0 lewat gol penalti Gustavo Tocantins.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persikabo 1973 sukses mengamankan poin penuh saat menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin (25/7/2022) malam WIB. Tim tuan rumah menang 1-0 lewat gol penalti Gustavo Tocantins pada babak kedua.

Persikabo mendapat peluang pertama di menit ketiga dari situasi bola mati. Dimas Drajad mengeksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Persebaya. Namun tembakan langsung masih meleset di sisi kiri gawang.

Baca Juga

Tujuh penit berselang, Rizky Ridho melakukan penyelamatan penting dengan memotong bola yang dikuasai oleh Gilang Ginarsa di sisi kiri area kotak penalti. Rizky melakukan tekel penting untuk mencegahnya mengumpan ke tengah kotak penalti di mana Dimas Drajad sudah menanti.

Pada menit ke-15, Persebaya akhirnya memberikan ancaman ke gawang Persikabo. Itu terjadi ketika Sho Yamamoto menerima bola di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan langsung ke gawang saat mendapat ruang tembak. Namun bola masih meleset dari sasaran.

Persikabo beberapa kali berhasil menembus pertahanan Persebaya dari sisi kanan. Namun pada menit ke-25, peluang dimiliki Persikabo saat Manahati melepaskan umpan terobosan panjang kepada Gustavo. Sayangnya, bola masih bisa dipotong oleh Dandi dan disapu keluar.

Sejurus kemudian, Persebaya membalas ancaman dengan upaya dari Silvio tapi beruntung tembakannya masih bisa diselamatkan oleh Diky. Dua menit berselang, Silvio kembali mendapat peluang saat menerima umpan dari Sho di tengah kotak penalti. Namun tandukannya masih bisa ditepis oleh Diky. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata. 

Persebaya langsung menciptakan peluang tiga menit setelah babak kedua dimulai. Peluang lagi-lagi dimiliki Silvio saat menerima umpan tendangan bebas di tengah kotak penalti. Namun tandukan Silvio ke sisi kiri gawang lagi-lagi masih bisa diselamatkan oleh Diky.

Persikabo mendapat hadiah penalti di menit ke-51 ketika Dandi melanggar Dimas di area terlarang. Gustavo yang mengeksekusi tendangan penalti berhasil menyelesaikan tugasnya untuk membawa Persikabo unggul 1-0.

Persebaya terus mencari cara untuk menyamakan kedudukan. Peluang terbaik dimiliki di menit ke-71 saat Sho memberikan umpan kepada Brylian di tengah kotak penalti. Namun tendangannya masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Diky.

Kedua masih terus jual beli serangan di waktu tersisa. Namun, tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh kedua tim. Skor pun bertahan 1-0 untuk Persikabo hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA