Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Hasil Liga 1: Persebaya Menang Tipis 2-1 Atas PSM

Jumat 14 Jan 2022 22:39 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Para pemain Persebaya Surabaya merayakan gol Taisei Marukawa (tengah) ke gawang PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022).

Para pemain Persebaya Surabaya merayakan gol Taisei Marukawa (tengah) ke gawang PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022).

Foto: Dok Liga Indonesia Baru
Persebaya menggusur Persib Bandung ke peringkat empat dengan kemenangan atas PSM.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persebaya Surabaya meraih poin penuh atas PSM Makassar pada laga pekan ke-19 Liga 1 2021/2022. Skor 2-1 untuk Persebaya terjadi pada akhir pertandingan di Stadion Gelora I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022) malam. 

Atas kemenangan itu, Bajul Ijo naik ke posisi ketiga klasemen dengan raihan 39 poin, terpaut satu dari Arema FC di puncak. Persebaya juga menggusur Persib Bandung yang kini menempati peringkat empat. Sementara PSM harus puas ada di urutan 11 dengan raihan 23 poin. 

Baca Juga

Persebaya tidak banyak mengubah susunan pemainnya. Pelatih Persebaya, Aji Santoso tetap mempercayakan duet Samsul Arif dan Taisei Marukawa untuk mengacak lini pertahanan lawan. 

Sementara PSM Makassar merotasi timnya. Pelatih PSM Joop Gall menurunkan Ferdinan Sinaga sejak menit pertama dan menyimpan pemain barunya Adam Mitter di bangku cadangan.

Pertandingan diawali pelanggaran Hilman Syah pada Samsul Arid di kotak penalti. Wasit yang memberikan hadiah penalti untuk Persebaya yang dieksekusi dengan baik oleh Taisei. Skor menjadi 1-0 tersaji di papan skor sejak menit ketiga.

Pluim sempat membuat peluang meski masih gagal menembus gawang Persebaya. Aksi saling serang terjadi dengan peluang yang dilepas oleh Taisei.

Persebaya mendominasi serangan dengan peluang dari Samsul Arif. Menit ke-42, peluang emas terbuang sia-sia dari Ferdinan Sinaga. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Babak kedua dimulai dengan kembali dominasi Persebaya. Menit ke-55, kerja sama yang baik dari Taisei Marukawa menghasilkan gol cantik dari Marselino. Skor berubah menjadi 2-0.

Unggul dua gol tidak membuat Persebaya menahan serangannya. Lini depan Persebaya terus mengacak-acak pertahanan PSM. Namun sayang, beberapa penyelesaian akhir yang kurang tajam membuat gol tak bertambah. Salah satunya sepakan Marselino dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke kiper Hilman Syah karena ia terpeleset sesaat sebelum menendang. 

Menit ke-65, peluang Wiljan Pluim untuk PSM pun masih terbuang begitu saja. Menit ke-77, Bruno membuang peluang emas dari umpan Arsenio. Hingga sepuluh menit terakhir waktu normal Persebaya tetap menekan lini pertahanan PSM.

Menit 84, Pluim mencetak gol dari bola muntah peluang Rizky Eka yang terkena tiang gawang. Skor berubah menjadi 2-1.

Gol ini membuat pertandingan sedikit menegangkan. PSM berusaha mencari gol penyama, sementara Persebaya berupaya mengamankan keunggulannya. PSM mendapatkan dua kali sepak pojok yang masih gagal menembus gawang Andhika.

Wasit menambah empat menit untuk tambahan waktu. PSM yang termotivasi untuk menyamakan kedudukan gagal memanfaatkan waktu tambahan itu untuk mencuri poin dari Persebaya. Pertandingan berakhir untuk kemenangan ke-12 Persebaya di kompetisi Liga 1 musim ini.

Daftar Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani; Ady Setiawan, Arif Satria, Reva Adi Utama (Frank Sokoy 86'), Rizky Ridho; Alwi Slamat (Frank Sokoy 56'), M. Hidayat (Ricky Kambuaya 56'), Bruno Moreira, Marselino Ferdinan (Rendi Irwan 86'); Samsul Arif Munip (Arsenio Valpoort 65'), dan Taisei Marukawa.

PSM Makassar: Hilman Syah; Dallen Doke (Zulkifli Syukur 79'), Ganjar Mukti, Hasim Kipuw (Adam Mitter 63'), Arfan; Sutanto Tan (Delvin Rumbino 46'), Abdul Rahman, Wiljan Pluim; Anco Jansen, Ferdinan Sinaga, dan Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama 63').

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA