Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Persebaya Sukses Jadikan Persib Lumbung Gol

Rabu 08 Dec 2021 23:10 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Sejumlah pemain tim kesebelasan Persib Bandung terlibat kericuhan dengan pemain Persebaya Surabaya saat Laga Liga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (8/12/2021).

Sejumlah pemain tim kesebelasan Persib Bandung terlibat kericuhan dengan pemain Persebaya Surabaya saat Laga Liga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (8/12/2021).

Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Pertahanan Persib tak berdaya menghalau serangan Bajul Ijo.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Persebaya Surabaya menaklukan Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12). Tiga gol tanpa balas tercipta dari brace Taiseri Marukawa dan Bruno.

Persib kembali bermain dengan skema 4-3-3 dengan menurunkan tiga gelandangnya. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts hanya merotasi posisi bek kiri yang ditinggalkan oleh Ardi Idrus karena akumulasi kartu dengan Zalnando.

Baca Juga

Sementara dari kubu Persebaya, tak banyak perubahan yang dilakukan pelatih Persebaya, Aji Santoso. Aji masih memberikan kesempatan pada Ernando Ari sebagai kiper sebelum berangkat membela tim nasional di ajang Piala AFF.

Jalannya pertandingan diiringi hujan deras yang mengguyur sejak peluit pertama. Menit tiga, peluang pertama Persib dari tembakan Frets yang masih terkena tiang gawang.

Sepuluh menit pertama diisi penguasaan bola Persib di lini belakang Persebaya. Menit 13, Beckham melepas peluang emas ketika lebih memilih untuk mengoper bola dibandingkan menembak langsung ke gawang. 

Persib mendapat peluang emas dari tendangan bebas di luar kotak penalti usai Frets dilanggar oleh Hambali. Klok yang menjadi eksekutor gagal menjebol gawang setelah dihalau oleh Ernando.

Menit 41, Ernando lagi-lagi menghalau serangan Persib dengan baik. Akhir babak pertama diisi dengan keributan dari kedua tim setelah Klok memancing emosi Persebaya. 

Babak kedua, dominasi permainan menjadi miliki Persebaya. Sempat sesekali menyerang Persebaya, Persib justru kebobolan duluan dari gol Marukawa yang terbebas dari jeratan lini belakang Persib, skor berubah 1-0 atas keunggulan Persebaya. 

Persib yang tertinggal mempercepat laju serangan. Alih-alih menyamakan kedudukan, Persebaya justru menambah pundi gol dari Bruno, skor berubah menjadi 2-0 atas keunggulan Persebaya. 

Dominasi Persebaya tidak berhenti meski sudah unggul 2-0. Persib yang sesekali mencoba menekan justru harus kembali bertahan akibat serangan balik Persebaya. 

Wasit memberikan empat menit tambahan waktu bagi akhir pertandingan. Persebaya kembali menambah keunggulan dari gol jarak jauh Marukawa di menit 91. 

Laga berakhir dengan skor 3-0 atas kemenangan Persebaya. Atas hasil tersebut Persebaya naik ke posisi tiga klasemen dengan 30 poin. Sedangkan Persib berada di posisi dua dengan 31 poin dan rentan tersusul oleh Arema atau Bali United yang belum bertanding pekan ini.

 

Daftar Susunan Pemain:

Persib Bandung: M. Natshir; Achmad Jufriyanto, Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Zalnando; Beckham Putra Nugraha (Erwin Ramdani 86'), Marc Klok, Dedi Kusnandar (Abdul Aziz 70'); Febri Hariyadi (Geoffrey Castillion 59'), Frets Butuan (Esteban Vizcarra 70'), dan Wander Luiz.

 

Persebaya Surabaya: Ernando Ari; Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi (Frank Sokoy 90'); M. Hidayat, Bruno Moreira, Jose Wilkson, Marselino Ferdinand; M. Hambali (Rizky Ridho 55'), dan Taiseri Marukawa. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA