Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Jordi Amat, Eks Spanyol U-21 yang Ingin Bela Indonesia

Sabtu 23 Oct 2021 17:22 WIB

Red: Israr Itah

Jordi Amat (kanan)

Jordi Amat (kanan)

Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Amat harus dinaturalisasi untuk bela Indonesia dan mustahil tampil di Piala AFF 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jordi Amat jadi pembicaraan pecinta sepak bola Tanah Air. Penyebabnya, mantan bek Swansea City itu mengungkapkan keinginan membela timnas Indonesia di Piala AFF 2021 yang berlangsung pada Desember ini. Keinginan itu ia sampaikan dalam wawancara dengan Goal Indonesia pada Jumat (22/10). Amat tidak ujug-ujug ingin membela Indonesia. Ia menyatakan keinginannya karena memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. 

Ia mengatakan, ibu neneknya berasal dari Siau, Sulawesi Utara. Sementara ayahnya, M.D. Kansil berasal dari Banda Neira, Maluku.

Baca Juga

“Tentunya saya bersedia dan akan menerima tanggung jawab tersebut sepenuh jiwa saya, sekiranya dipilih untuk memperkuat pasukan Garuda untuk kejuaraan tersebut," kata dia dalam wawancara tersebut.

Bernama lengkap Jordi Amat Maas, pria berkewarganegaraan Spanyol ini lahir di Barcelona pada 21 Mar 1992. Amat berpostur 184 cm dan beroperasi sebagai bek. Dalam laman Transfermarkt, Amat ada di bawah naungan agen Jose Vicente Simeon. Saat ini ia memperkuat klub KAS Eupen di Jupiler League, Belgia. Kontrak dua tahunnya bersama Eupen akan berakhir pada 30 Juni 2022.

Masih menurut situs transfermarkt, Amat belajar sepak bola di akademi Espanyol, rival sekota Barcelona. Ia pernah memperkuat timnas Spanyol U-21 dalam 15 pertandingan. 

Setelah naik ke tim senior, Amat sempat merumput bersama Rayo Vallecano (2012/13) dengan status pinjaman. Pada 2013, Amat pindah ke Inggris membela Swansea City. Ia dibawa oleh pelatih Michael Laudrup. Amat bermain dalam 52 pertandingan hingga 2018. 

Selama membela Swansea, ia sempat dipinjamkan ke Rayo Valelcano dan Real Betis. Saat kontraknya berakhir, ia kemudian digaet Vallecano pada 2018. Namun setelah semusim, ia dipinjamkan ke Eupen. Pada 2020, Eupen mempermanenkannya.

Jika benar ingin membela Indonesia, Amat harus berkorban banyak hal. Pertama, ia harus melepas kewarganegaraan Spanyol yang ia miliki. Sebab, untuk membela Indonesia, ia harus memiliki paspor Indonesia. 

Kedua, Amat harus sabar menjalani proses naturalisasi. Sebab, butuh waktu bagi WNA untuk mendapatkan legalitas menjadi WNI. Dengan waktu tersisa hanya sebulan dari penyelenggaraan Piala AFF 2021, mustahil bagi Amat untuk membela timnas Indonesia di turnamen sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA