Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Persija Tekuk Madura United 3-2

Sabtu 23 Oct 2021 01:11 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Persija Marko Simic (kiri).

Penyerang Persija Marko Simic (kiri).

Foto: Dok PERSIJA
Dua gol Marko Simic dan satu gol Alfriyanto Nico memastikan kemenangan Persija.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta mengamankan tiga poin dari Madura United pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moh. Subroto, Magelang, Jumat (22/10) malam WIB. Dua gol Marko Simic dan satu gol Alfriyanto Nico berhasil mengantarkan Persija menekuk Madura United 3-2.

Kemenangan ini menempatkan Persija di posisi empat dengan nilai 13 dari delapan laga. Macan Kemayoran masih tertinggal lima angka dari PSIS yang memuncaki klasemen. Sementara Madura United berada di posisi 12 dengan nilai delapan dari delapan laga. Laskar Sape Kerrab baru sekali menang, lima kali imbang, dan dua kali kalah.

Baca Juga

Jalannya laga

Persija membuka peluang pertama pada menit keempat ketika Rio Fahmi menerima umpan terobosan dari Riko Simanjuntak dari sisi kanan pertahanan Madura Unite. Rio melanjutkan dengan operan ke tengah kotak 16, tapi bola masih bisa diamankan oleh kiper Muhammad Ridho.

Sementara dari kubu Madura United, Rafael Silva sudah dua kali melakukan percobaan langsung ke gawang dengan tembakan jarak jauh di sepuluh menit pertama. Namun upaya itu masih belum menemui sasaran.

Persija mendapat hadiah tendangan bebas di menit ke-15. Rezaldi mengambil alih tendangan dengan umpan terobosan kepada Riko. Namun, upaya dari Riko masih dapat diblokir dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Empat menit berselang, Persija mendapat peluang emas namun gagal dimanfaatkan oleh Marko Simic ketika bola liar mengarah ke kakinya di depan gawang namun tendangannya hanya membentur mistar.

Sejurus kemudian, Simic membayar kesalahannya dengan gol dari tembakan jarak jauh. Tendangan keras Simic yang melengkung ke arah gawang gagal diantisipasi oleh Muhammad Ridho. Persija pun unggul 1-0 di menit ke-20.

Madura mendapat peluang saat Jaja menerima bola rebound di kotak penalti dan langsung diselesaikan dengan tembakan setengah voli oleh kaki kirinya. Namun, upaya tersebut masih bisa diamankan oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Persija mendapat peluang di menit ke-22 dari pelanggaran Fachruddin kepada Tony Sucipto di depan garis kotak penalti. Simic mengambil alih tendangan bola mati tapi upayanya dengan tembakan langsung ke gawang masih bisa diamankan oleh Ridho.

Pada menit ke-37, dua peluang emas terbuang oleh Persija. Berawal dari umpan Riko ke tengah gawang gagal disambut oleh Simic, kemudian Niko yang berdiri bebas tanpa penjagaan di kotak penalti Madura United justru melepaskan tembakan yang jauh dari sasaran.

Kedua tim terus mencoba mencari celah di pertahanan kubu lawan. Namun hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 bagi Persija.

Pada babak kedua, Persija langsung menambah keunggulan pada menit ke-52 oleh gol yang diciptakan Alfriyanto Nico. Ia merebut bola di sisi kanan kotak penalti dan melakukan penetrasi kemudian diselesaikan dengan tembakan dari sudut sempit ke tiang dekat. 

Hanya dua menit berselang, Persija memperlebar keunggulan menjadi 3-0 melalui kerja sama dari Simic dan Riko. Simic berhasil memaksimalkan umpan dari Riko dengan tandukan langsung ke gawang yang tak bisa dihalau oleh Ridho.

Madura selanjutnya berhasil membobol gawang Persija di menit ke-56. Namun, gol itu dianggap tidak sah oleh wasit karena sudah terjadi pelanggaran lebih dulu oleh dua pemain Madura kepada Andritany ketika berduel di udara.

Peluang kembali didapatkan oleh Madura di menit ke-60 ketika Rafael menyambut umpan Andik Rendika Rama di depan gawang dengan tandukannya. Namun, upaya tersebut masih membentur mistar gawang.

Madura secara berturut-turut memberikan ancaman ke gawang Persija setelah kebobolan gol ketiga. Beberapa peluang dimiliki oleh Rafael tapi masih selalu bisa digagalkan oleh Andritany. Selain itu, peluang yang dimiliki Kevy dan Bayu Gatra juga masih belum tepat sasaran.

Gelombang ancaman terus diberikan ke gawang Persija oleh Madura. Namun Andritany tampil impresif pada laga tersebut dengan melakukan banyak penyelamatan dari peluang-peluang emas yang diciptakan oleh beberapa pemain Madura United.

Hingga akhirnya, di menit ke-90 Madura mendapat hadiah penalti ketika Motta melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Jaja yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Madura pun memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Madura terus menyerang pada masa injury time. Rafael akhirnya bisa membobol gawang Andritany dari situasi bola mati. Tendangan mendatar Rafael gagal diantisipasi Andritany dan mengubah skor menjadi 3-2. Tak cukup waktu untuk Madura United setidaknya menyamakan skor. Persija menyelesaikan laga dengan kemenangan 3-2, atau kemenangan ketiga musim ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA