Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Robby Darwis Buka Akademi Sepak Bola

Jumat 05 Feb 2021 17:40 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Legenda Persib, Robby Darwis.

Legenda Persib, Robby Darwis.

Foto: Republika/Yogi Ardi
Robby dibantu oleh para legenda Persib lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Legenda Persib Bandung, Robby Darwis membuka akademi sepak bola bernama Robby Darwis Football Academy di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom), Cimahi. Tak tanggung-tanggung, akademi ini dipersiapkan untuk membina pemain muda dengan fasilitas yang lengkap.

Robby mendapat dukungan dari Pusdikpom sebagai penunjang fasilitas. Sehingga siswanya akan memiliki fasilitas seperti fitness, mes, hingga lapangan.

"Pokoknya dengan fasilitas ini jarang di Bandung, saya optimistis bisa memberi kontribusi yang bagus bagi pemain yang ingin maju dan mencari bibit-bibit untuk klub dan juga tim nasional," kata Robby, Jumat (5/2).

Robby menyebut, kenyamanan menjadi fokus utama bagi siswanya. Apalagi tak jarang banyak pemain muda yang berasal dari luar daerah yang juga mengambil pendidikan umum sehingga perlu adanya dukungan di luar sepak bola.

"Jadi kita kerja sama dengan SMP dan SMA untuk siswa, termasuk hingga antar-jemputnya juga siap, jadi bukan asal bikin akademi," kata Robby.

Dia mengakui berada di lingkungan militer dapat memberikan pendidikan karakter mental bagi pemain. Sehingga kedispilinan militer bisa tumbuh bersama siswa dan menjadi pemain profesional yang diharapkan di masa depan.

Robby mengatakan, usia siswa dari kelompok usia 9-10 tahun dan 16-17 tahun. Setelah itu, siswanya akan diteruskan ke diklat yang akan segera dibuat karena program ini merupakan program berkelanjutan.

"Untuk pelatih saya mengambil dari mantan Persib yang memang bisa bantu saya. Mereka juga dengan senang hati ingin memajukan akademi dan membagi pengalaman bawa siswa disini," kata Robby.

Beberapa legenda yang membantu Robby membangun akademi diantaranya adalah Yudi Guntara, Asep Soemantri, Anwar Sanusi, Cecep Supriyatna, dan Dede Iskandar. Sejauh ini, Robby mengakui sudah cukup banyak orang tua yang tertarik mendaftarkan anaknya dalam akademi.

"Saya juga silahkan bandingkan dengan akademi lain, tapi kalau disini khusus ya, karena berada di kompleks militer jadi terjaga kedisiplinannya," kata Robby.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA