Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Dua Gol Andre Silva Bawa RB Leipzig Bekap Celtic 3-1

Kamis 06 Oct 2022 02:13 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ratna Puspita

Andre Silva (kanan) dari Leipzig beraksi selama pertandingan sepak bola grup F Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Celtic Glasgow di Leipzig, Jerman, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB.

Andre Silva (kanan) dari Leipzig beraksi selama pertandingan sepak bola grup F Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Celtic Glasgow di Leipzig, Jerman, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/Hannibal Hanschke
Pada laga lain, Salzburg untuk sementara jadi pemimpin Grup E.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- RB Leipzig menjaga asa untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai mengalahkan Celtic 3-1, Kamis (6/10/2022) dini hari WIB. Pertandingan di RB Arena ini sempat diwarnai dua gol tuan rumah yang dianulir oleh VAR. Namun, Leipzig mampu tampil agresif dan efektif untuk menempel Real Madrid dan Shakhtar Donetsk di Grup F. 

RB Leipzig mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan, Christopher Nkunku sudah menjebol gawang Celtic pada menit ke-18. Namun, VAR menganulir gol tersebut karena Nkunku dinilai berada pada posisi offside.

Baca Juga

Striker incaran Manchester United itu kembali menjebol gawang Celtic pada menit ke-27. Kali ini, aksinya mengecoh kiper klub asal Skotlandia itu sukses.

Menerima umpan terobosan, Nkunku lebih dulu mendapatkan bola dibandingkan kiper lawan. Ia kemudian melepaskan tendangan kaki kiri akurat, sehingga skor menjadi 1-0. Skor tersebut bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua, Celtic langsung menyamakan kedudukan pada menit ke-47. Memanfaatkan umpan dari Furuhashi, Jota membuat kiper Leipzig tidak berkutik dengan tendangan kaki kirinya. Skor berubah jadi 1-1.

Drama terjadi pada ketika Szoboszlai mencetak gol dari tendangan jarak jauh untuk Leipzig. Gol tersebut dianulir karena bola dianggap menyentuh Andre Silva yang berada di posisi offside.

Namun, semenit kemudian, Andre Silva mencetak gol gara-gara blunder Joe Hart. Leipzig pun kembali unggul dengan skor 2-1.

Silva kemudian menggandakan keunggulan klub Bundesliga tersebut menjadi 3-1 pada menit ke-77. Silva menerima umpan matang dari Simakan di kanan gawang, dan dengan satu sentuhan kontrol, ia langsung menaklukan Hart. Skor 3-1 bertahan hingga laga usai.

Pada laga lain, Salzburg untuk sementara jadi pemimpin Grup E usai menang tipis 1-0 atas Dinamo Zagreb. Kedua tim bermain imbang di babak pertama.

Namun, gol penalti Okafor pada menit ke-71 membuat Salzburg mengoleksi lima poin, selisih satu poin dari AC Milan, yang akan menghadapi Chelsea. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA