Rabu 10 Aug 2022 14:57 WIB

Marin Ljubicic, Penyerang Berdarah Dingin Kroasia yang Pecahkan Rekor Erling Haaland

Marin Ljubicic mencetak enam gol dalam tiga pertandingan pertama di Liga Austria.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Marin Ljubicic
Foto: INSTAGRAM
Marin Ljubicic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Erling Haaland pertama kali muncul di berita utama ketika ia mencetak enam gol dalam empat pertandingan pertamanya di Bundesliga Austria pada tahap awal musim 2019/20. Catatan mentereng itu ternyata tak bertahan lama. Marin Ljubicic kini telah memecahkan rekor apik tersebut.  

Pemain internasional Kroasia U-21 itu telah mencetak enam gol dalam tiga pertandingan pertama di liga dengan LASK. Di Austria, hanya Tibor Nylasi dan Oliver Bierhoff yang telah mencapai pencapaian ini. Jumlah gol Ljubicic naik menjadi sembilan jika hattrick yang dia cetak di Piala Liga melawan Schaz dihitung.

Baca Juga

Hattrick yang ia cetak hanya dalam waktu 60 menit melawan Wolfsberger telah menempatkannya dalam sorotan. Pada laga ini, ia membuka skor setelah hanya 28 detik.

"Saya belum pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan sebelumnya. Meskipun benar bahwa saya sudah lama tidak menjadi profesional," kata Ljubicic setelah LASK menang 5-1 atas Wolfsberger, dikutip dari Marca, Rabu (10/8/2022).

Klub barunya sekarang sedang membicarakan tentang transfer pada masa depan. Ljubicic tiba dengan status pinjaman dari Hajduk Split, tetapi LASK punya opsi pembelian hanya 2,4 juta euro.

"Beberapa klub Austria dan asing kini memantau dia, tetapi kami berhasil meyakinkan dia untuk datang," ujar direktur olahraga LASK Radovan Vujanovic ketika membahas sang pemain.

Di Hajduk, Ljubicic punya waktu untuk menunjukkan kemampuannya. Dia mencetak sembilan gol dalam 44 pertandingan.

Di Liga Kroasia, ia melakukan debutnya di bawah asuhan Paolo Tramezzani, sekarang di Sion.  Ljubicic, yang saat itu berusia 19 tahun 20 hari, masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol kemenangan dalam derby melawan Sibenik.

"Ini perasaan yang luar biasa. Saya telah memimpikan sepanjang hidup saya untuk melakukan debut untuk Hajduk," Ljubicic mengatakan setelah pertandingan.

Mantan pemain Sevilla Ivica Mornar juga senang dengan debut Ljubicic. Ia menyatakan Ljubicic siap untuk peran awal.

"Dia mencetak gol yang hebat. Dia cepat dan bagus dalam menguasai bola. Jika Anda memiliki pemain seperti itu, Anda harus memberinya kesempatan. Dia bisa dan harus bermain di tim utama. Dia siap," kata Mornar.

Pelatih LASK Dietmar Kuhbauer dengan cepat memuji akuisisi terbarunya, senang bahwa pemain tersebut telah berhasil dan berusaha untuk terus meningkatkan permainannya.

"Dia mencetak enam gol liga dan saya tidak keberatan jika dia tetap seperti itu," kata Kuhbauer. "Setelah setiap sesi latihan, dia bertanya kepada saya di mana dia bisa berkembang. Dia memiliki kecenderungan yang bagus." 

Ljubicic sosok ambisius. Dia berharap untuk mencapai 20 gol di liga, finis di tiga besar sambil juga memenangkan trofi. Pemain Kroasia ini menyadari potensinya untuk berkembang. 

"Saya dapat meningkatkan dalam setiap aspek - heading saya, gerak kaki saya, kekuatan lari saya. Jika saya bisa melakukan itu, gol akan datang." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement