Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Robben Masih Bermimpi Perkuat Timnas Belanda

Kamis 13 May 2021 17:05 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Arjen Robben

Arjen Robben

Foto: EPA-EFE/Koen van Weel
Arjen Robben yang berusia 37 tahun kini memperkuat Groningen.

REPUBLIKA.CO.ID, GRONINGEN -- Pemain gaek Arjen Robben ternyata masih menyimpan mimpi untuk memperkuat timnas Belanda. Winger berusia 37 tahun, yang kini memperkuat Groningen, akan menyambut baik apabila mendapatkan panggilan dari pelatih timnas Belanda Frank de Boer untuk tampil di putaran final Piala Eropa 2020, Juni-Juli mendatang. 

"Jika dia (Frank de Boer) memanggil saya, tentu saya akan berkata iya," kata Robben seperti dilansir Eurosports, Senin (10/5). 

Sempat mengumumkan pensiun pada Juli 2019, eks winger Bayern Muenchen dan Real Madrid itu akhirnya memutuskan untuk kembali merumput. Robben sepakat untuk memperkuat klub pertamanya saat mengawali karier profesional, Groningen. 

Namun, kembalinya Robben ke Groningen tidak semulus yang dibayangkan. Robben absen sejak awal September silam lantaran mengalami cedera betis. Akhirnya setelah absen selama kurang lebih delapan bulan, Robben kembali merumput, tepatnya saat Groningen membungkam Emmen 4-0, akhir pekan lalu. 

Pada laga tersebut, Robben tampil impresif dengan menorehkan dua assist. Robben pun mengaku tidak akan menolak apabila mendapatkan panggilan dari Frank de Boer untuk tampil di putaran final Piala Eropa 2020. 

"Saat saya kembali merumput pada awal musim ini, bisa tampil di putaran final Piala Eropa 2020 tentu akan menjadi mimpi terliar saya," kata Robben. 

Namun, Robben menyebut, ada sejumlah tantangan besar yang harus dijawabnya sebelum bisa bersaing dalam perebutan satu tempat di skuad tim Oranje pada putaran final Piala Eropa 2020.

''Tampil di putaran final Piala Eropa 2020 tentu akan sangat menyenangkan. Namun, Anda harus tetap realistis dengan kondisi tubuh Anda. Anda harus sepenuhnya fit dan bisa memberikan nilai tambah buat tim. Kita akan lihat pada akhir musim ini,'' kata Robben.

Robben terakhir kali tampil memperkuat timnas Belanda di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, 2017 silam. Pada saat itu, Robben menyumbang dua gol dan mengantarkan Tim Oranje membungkam Swedia, 2-0. Sayangnya, kemenangan itu tidak bisa membawa Belanda tampil di putaran final Piala Dunia 2018.

Selama 14 tahun memperkuat Tim Oranje, tepatnya dari 2003 hingga 2017, Robben telah mengemas 96 caps dan menyumbang 37 gol. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA