Jumat 19 Mar 2021 03:25 WIB

Meski Kalah, Arsenal Tetap Melaju ke Perempat Final 

Arsenal kalah 0-1 ketika menjamu Olympiakos di Stadion Emirates.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Pemain Olympiakos Youssef El-Arabi (kanan) beraksi melawan Kieran Tierney (kiri) dari Arsenal pada babak 16 besar Liga Europa UEFA di London.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Pemain Olympiakos Youssef El-Arabi (kanan) beraksi melawan Kieran Tierney (kiri) dari Arsenal pada babak 16 besar Liga Europa UEFA di London.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal menjamu Olympiakos pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, Jumat (19/3) dini hari WIB. Tuan rumah kalah 1-0, tetapi tetap melaju ke perempat final dengan agregat 3-2. 

Arsenal memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Olympiakos. Peluang pertama datang saat Smith Rowe melakukan penetrasi dari tepi kotak dan berusaha melepaskan tembakan, tetapi Sokratis datang dan memblokir upaya tersebut. 

Baca Juga

Pada menit ke-17, Ceballos memainkan bola dan melepaskan umpan kepada Pepe yang menekan kiper Sokratis. Pemain Pantai Gading itu melepaskan tembakan dari sisi kiri, tetapi berhasil dihalau oleh Sokratis. 

Balasan Olympiakos tercipta pada menit ke-20 saat El-Arabi lolos dari penjagaan pemain belakang Arsenal dan langsung melepaskan tembakan ke gawang, tetapi Leno berhasil mengamankannya. Tidak ada peluang yang menghasilkan gol hingga turun minum. 

Pada babak kedua, Olympiakos melancarkan serangan cepat dengan David Luiz harus berjuang untuk menghadapi umpan panjang dari El-Arabi, yang mengarah kepada Fortounis di tepi kotak. Ia langsung melepaskan tembakannya, tetapi melebar dari tiang dekat. 

Baca juga : Pogba Datang, MU Lolos ke Perempat Final Liga Europa

Pada menit ke-51, Masouras memimpin serangan balik cepat dengan memberikan umpan kepada El-Arabi di sisi kiri kotak, yang melakukan penetrasi ke tengah dan langsung melepaskan tembakan ke gawang. Leno gagal mengamankannya dan Olympiakos pun unggul 1-0. 

Skor ini bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Namun, Arsenal adalah tim yang berhak lolos ke babak berikutnya dengan kemenangan agregat 3-2 atas Olympiakos. 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim: 

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, David Luiz, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Mohamed Elneny, Granit Xhaka; Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Emile Smith Rowe; Pierre-Emerick Aubameyang. 

Cadangan: Martin Odegaard, Thomas Partey, Rob Holding, Gabriel Martinelli, Reiss Nelson, Calum Chambers, Cedric Soares, Mat Ryan, Pablo Mari, Arthur Okonkwo, Alexandre Lacazette, Eddie Nketiah. 

Baca juga : Beda Pendapat, Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Bersama

Pelatih: Mikel Arteta 

Olympiakos (3-4-3): Jose Sa; Sokratis, Ousseynou Ba, Jose Holebas; Thanasis Androutsos, Yann M'Vila, Mohamed Camara, Oleg Reabciuk; Giorgos Masouras, Youssef El-Arabi, Konstantinos Fortounis. 

Cadangan: Bruma, Ilias Karargyris, Konstantinos Tzolakis, Vasilis Sourlis, Mohamed Drager, Andreas Bouchalakis, Marios Vrousai, Lazar Randjelovic, Kenny Lala. 

Pelatih: Pedro Martins

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement