Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Saturday, 3 Jumadil Akhir 1442 / 16 January 2021

Utak-atik Peluang Inter Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Rabu 02 Dec 2020 09:21 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Laga Moenchengladbach vs Inter Milan.

Laga Moenchengladbach vs Inter Milan.

Foto: EPA-EFE/Sascha Steinbach
Milan mencuri kemenangan, 3-2, kala melawat ke markas Borussia Moenchenglabach.

REPUBLIKA.CO.ID, MONCHENGLADBACH -- Dari empat grup Liga Champions musim ini, yang telah menuntaskan putaran kelima fase penyisihan, Grup B menyajikan persaingan paling ketat. Bahkan, dari empat grup tersebut, hanya Grup B yang belum memastikan wakil di babak 16 besar.

Hasil di putaran kelima Grup B, Rabu (2/12) dini hari WIB, membuat keempat kontestan masih memiliki peluang untuk melaju ke fase gugur Liga Champions musim ini. Pada putaran kelima babak penyisihan Grup B, dua tim terbawah di papan klasemen terbukti mampu membungkam dua tim teratas di papan klasemen sementara.

Sementara Inter Milan mencuri kemenangan, 3-2, kala melawat ke markas Borussia Moenchenglabach di Stadion Borussia Park, Shakthar Donetsk melibas tamunya, Real Madrid, 2-0, di Stadion NSK Olimpiysky, Kiev. Dengan hasil ini, Moenchengdlbach, yang berada di peringkat teratas klasemen sementara dengan torehan delapan poin dari lima laga, hanya mengantongi keunggulan satu poin dari Donetsk, yang ada di peringkat kedua.

Baca Juga

Sedangkan Madrid, yang berada di peringkat ketiga, memiliki koleksi poin yang sama dengan Donetsk. Inter Milan, yang berada di dasar klasemen sementara Grup B, juga masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar lantaran hanya tertinggal tiga poin dari Gladbach. Dengan kondisi ini, wakil Grup B yang akan tampil di babak 16 besar baru akan ditentukan pada putaran pamungkas penyisihan grup, Kamis (10/12) pekan depan.

Pada putaran keenam penyisihan Grup B tersebut, Inter Milan dijadwalkan menerima lawatan Shakthar Donetsk di Stadion Giuseppe Meazza, sedangkan di laga lainnya, pada saat bersamaan, Real Madrid bentrok dengan Borussia Moenchengladbach di Stadion Alfredo di Stefano. Di dua laga inilah, kelanjutan kiprah empat tim tersebut di kompetisi Eropa ditentukan.

Dari keempat tim, Inter Milan bisa dibilang yang paling diuntungkan dari hasil pada putaran kelima. Sebelum putaran kelima bergulir, La Beneamata berada dalam posisi yang begitu genting. Hanya mengumpulkan dua poin dari empat laga awal penyisihan Grup B, La Benemata terancam tidak bisa melaju ke babak 16 besar, atau bahkan tersingkir dari kompetisi Eropa lantaran gagal finish di peringkat ketiga dan tampil di Liga Europa.

Dengan kondisi papan klasemen sementara Grup B saat ini, Inter Milan bisa melaju ke babak 16 besar apabila bisa menang atas Shakthar Donetsk, sembari berharap laga Real Madrid kontra Gladbach tidak berakhir imbang. ''Pasalnya, apabila Inter Milan bisa menang atas Donetsk dan Real Madrid memetik hasil imbang di laga lainnya, maka I Nerazzurri dan Los Blancos memiliki koleksi poin yang sama, yaitu delapan poin.

''Jika Inter Milan dan Real Madrid mengakhiri penyisihan grup dengan jumlah koleksi poin yang sama, maka Los Blancos yang berhak lolos karena unggul head to head atas I Nerazzuri. Dalam dua pertemuan dengan Inter Milan, Madrid sukses membungkam La Beneamata,'' tulis laporan Football Italia, Rabu (2/11).

Kendati begitu, hasil imbang di laga kontra Gladbach juga bukan hasil yang bagus buat Los Blancos. Kegagalan memetik poin penuh di partai tersebut, ditambah hasil imbang di laga Inter menghadapi Donetsk, bakal membuat Los Blancos harus rela meninggalkan kompetisi Liga Champions musim ini. Meski memiliki poin yang sama dengan Donetsk, tapi Madrid kalah head to head dari wakil Ukraina tersebut.

''Sementara buat Inter Milan, jika mereka gagal mengalahkan Donetsk, atau setidaknya memetik hasil imbang, maka I Nerazzurri akan mengakhiri penyisihan Grup B sebagai juru kunci, sekaligus mengakhiri kiprah mereka di kompetisi Eropa musim ini,'' lanjut laporan Football Italia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA