Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Klopp Tetap Puas dengan Performa Penggawa Muda Liverpool

Kamis 26 Nov 2020 20:29 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Juergen Klopp tidak mau terlalu membebani para penggawa muda the Reds.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memutuskan menurunkan tiga penggawa muda the Reds sekaligus di laga kontra Atalanta, Kamis (26/11) dini hari WIB. Ujungnya, juara bertahan Liga Primer Inggris itu menelan kekalahan, 0-2, dan gagal untuk segera memastikan satu tempat ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Di laga tersebut, Klopp menurunkan Rhy Williams di jantung pertahanan, Neco Williams di posisi bek kanan, dan Curtis Jones di sayap kanan. Bahkan, tiga pemain berusia 19 tahun itu menjadi starter di laga yang digelar di Stadion Anfield tersebut. Ini menjadi salah satu cara Klopp untuk mengatasi badai cedera pemain yang tengah menerpa the Reds.

Keputusan pelatih asal Jerman itu untuk menjadikan tiga pemain muda tersebut sebagai starter sempat menuai kritik. Tiga pemain tersebut, kecuali Rhys Williams, dinilai belum memiliki pengalaman tampil di pentas Liga Champions. Namun, Klopp menjawab kritikan tersebut. Pelatih asal Jerman itu justru puas dengan performa para penggawa muda the Reds.

''Mereka semua tampil bagus. Neco tampil apik. Dia bertahan dengan cukup baik dan agresif. Dia bisa mengatasi situasi yang sulit. Rhys juga bermain dengan bagus, dan Jones, dia seperti gelandang berusia 26 atau 27 tahun,'' ujar Klopp seperti dilansir laman resmi klub, Kamis (26/11).

Eks pelatih Borussia Dortmund itu juga tidak mau terlalu membebani para penggawa muda the Reds tersebut. Menurutnya, diminta untuk bisa tampil apik di pentas Liga Champions sudah menjadi tugas yang berat buat para pemain muda. Namun, tiga pemain tersebut dianggap mampu menjalankan tugas tersebut dengan cukup baik.

''Itu adalah tugas yang sulit buat mereka, untuk bisa bermain dengan optimal di kancah Liga Champions, tapi mereka telah menjalankan tugas dengan baik. Mereka tidak terlihat kelelahan di sepanjang laga, dan hal itu sangat membantu tim. Para pemain muda itu sudah bermain dengan sangat bagus,'' kata Klopp.

Kegagalan memetik poin penuh di laga kontra La Dea memang tidak menggeser posisi Liverpool di puncak klasemen sementara Grup D. Namun, the Reds gagal menjauh dari kejaran pesaing-pesaing terdekat, Ajax dan Atalanta. Juara Liga Champions musim 2018/2019 itu hanya mengantongi keunggulan dua poin dari Ajax dan Atalanta.

Dengan begitu, persaingan memperebutkan tiket babak 16 besar sebagai wakil Grup D masih terbuka lebar di dua putaran pamungkas penyisihan Grup D.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB